UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE MIND MAPPING PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN KENDUNG 1 KEDUNGADEM-BOJONEGORO

PUJIANI, ERNA (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE MIND MAPPING PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN KENDUNG 1 KEDUNGADEM-BOJONEGORO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ernapujian-31966-1-pendahul-n.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ernapujian-31966-2-babi.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas/guru bidang studi IPS kelas IV SDN Kendung 1 Kedungadem Bojonegoro bahwa hasil belajar IPS belum mencapai KKM, dengan nilai siswa dalam ulangan harian yang rendah. Disebabkan: a). penyampaian materi pembelajaran yang kurang inovatif, materi berupa hafalan sehingga siswa merasa bosan, mengantuk, bermain sendiri dengan teman disampingnya dan siswa tidak aktif dalam belajar. b) siswa kurang memahami materi yang terdapat pada mata pelajaran. Sebab itu bagaimana penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi kenampakan alam hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya pada siswa kelas IV SDN Kendung 1 Kedungadem Bojonegoro. Tujuan penelitian adalah: a) mendeskripsikan penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kendung 1 Kedungadem-Bojonegoro pada materi kenampakan alam hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya. b) mendeskripsikan hasil belajar IPS pada materi kenampakan alam hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya setelah menggunakan pendekatan metode Mind Mapping pada siswa kelas IV di SDN Kendung 1 Kedungadem-Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, siklus ke 2 dilakukan setelah siklus pertama belum memenuhi KKM. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kendung 1 Kedungadem Bojonegoro tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 siswa. Penelitian siklus I dilaksanakan tanggal 24 dan 25 Oktober 2012 dan siklus II pada tanggal 27 dan 29 Oktober 2012.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode Mind Mapping terjadi peningkatan antara aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I 53,03% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86.06%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi kenampakan alam hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:47
Last Modified: 15 Apr 2016 07:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26908

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo