UMM Institutional Repository

PENERAPAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU KABUPATEN MALANG

ASHARI, DHANI (2013) PENERAPAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dhaniashar-31968-1-pendahul-n.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dhaniashar-31968-2-babi.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pembelajaran matematika pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang. Hasil observasi dan pengamatan awal menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika pada pokok bahasan operasi hitung satuan waktu, menunjukkan banyaknya siswa yang mengalami kesulitan menyelesaikan soal cerita. Kesulitan yang dialami siswa yaitu memahami permasalahan dalam soal cerita, dan kurang menguasai materi. Nilai rata – rata siswa mencapai 59,64 dan ketuntasan belajar siswa 60.71%, sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah adalah 60 dengan ketuntasan klasikal 80%. Hal tersebut disebabkan dalam pembelajaran matematika, guru belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai untuk memecahkan masalah soal cerita, guru hanya menerapkan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan penerapan Problem Solving dan mengetahui kemampuan menyelesaikan soal cerita setelah penerapan Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian kelas V dengan jumlah 28 orang siswa SD Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen observasi, wawancara, dan hasil produk berupa hasil kerja soal cerita oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita. Berdasarkan hasil tes soal cerita diketahui nilai rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan pada pra siklus ketuntasan belajar siswa mencapai 60.71%, pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 67,86%, pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 85,71%. Prosentase ini melebihi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 80% peserta didik tuntas belajar dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 60. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:44
Last Modified: 15 Apr 2016 07:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26905

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo