UMM Institutional Repository

ANALISIS SEKTOR UNGGULAN, POLA PERTUMBUHAN DAN KETIMPANGAN SPASIAL DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2007 - 2011

Kahar, Wahidil (2014) ANALISIS SEKTOR UNGGULAN, POLA PERTUMBUHAN DAN KETIMPANGAN SPASIAL DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2007 - 2011. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahidilkah-34374-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahidilkah-34374-2-babi.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Adanya kesenjangan pembangunan antar-wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang masih lebar seperti antara kota dan desa yang dimana pertumbuhan ekonomi suatu daerah masih terfokus pada kota atau ibukota kabupaten atau ibukota Provinsi. Dan juga masih tingginya tingkat kemiskinan di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dimana menandai suatu daerah bahwa pertumbuhan ekonomi di Provinsi Nusa Tenggara Barat masih belum baik. Salah satu upaya yang dapat di¬lakukan guna meningkatkan pereko¬nomian di suatu daerah adalah dengan menganalisis atau menggali sektor-sek¬tor yang memang memiliki keunggulan komparatif maupun memiliki keunggu¬lan kompetitif. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui sektor unggulan, tingkat ketimpangan antar wilayah dan pembagian wilayah antara daerah berkembang cepat, berkembang cepat dan maju, berkembang tertekan dan daerah terbelakang/daerah relatif tertinggal kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan periode tahun 2007 sampai 2011. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Location Quotient, Analisis Tipologi Klassen, dan Indeks Williamson. Pengambilan data melalui dokumentasi yang sudah tersedia di badan pusat statistik di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hasil analisis Location Quotient menunjukan bahwa di setiap Kabupaten/Kota memiliki sektor potensi/sektor unggulan yang berbeda-beda tergantung geografis disetiap Kabupaten/Kota yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari Analisis Tipologi Klassen menunjukan bahwa terdapat 3 pola atau struktur pertumbuhan ekonomi yaitu daerah berkembang cepat, maju tertekan dan daerah terbelakang/relatif tertinggal. Dari analisis Indeks Williamson menunjukkan tingginya tingkat ketimpangan pembangunan yang terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:31
Last Modified: 15 Apr 2016 07:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26895

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo