UMM Institutional Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN PACAR KELING IV SURABAYA

MULYANINGTYAS, IKA HANUM (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN PACAR KELING IV SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikahanummu-31984-1-pendahul-n.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikahanummu-31984-2-babi.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (I) Drs. Sudjalil M.Si.M.Pd. (II) Dr. M. Agus Krisno, M.Kes. Hasil observasi awal ditemukan kesulitan siswa SDN Pacar Keling IV Surabaya, pada mata pelajaran IPA tentang materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan dalam kegiatan pembelajaran aktivitas siswa belum optimal. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui penerapan metode STAD pada Kelas IV SDN Pacar Keling IV Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode STAD dalam pembelajaran. Subjek dan tempat penelitian ini di SDN Pacar Keling IV Surabaya. Jumlah siswa kelas IV yaitu 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sesuai dengan ketercapaian tujuan, penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode STAD pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, pada siklus I aktivitas siswa mencapai 68% dengan kriteria baik dan siklus II aktivitas siswa meningkat mencapai 84% dengan kriteria sangat baik. (2) Hasil belajar siswa meningkat, pada siklus I 67% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 33% siswa belum mencapai ketuntasan belajar, serta siklus II 83% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 17% siswa belum mencapai ketuntasan belajar. (3) Penerapan metode STAD dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar sesuai RPP, pada siklus I nilai rata-rata sebesar 77 dan siklus II sebesar 88. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode STAD dalam pembelajaran pada siswa kelas IV di SDN Pacar Keling IV Surabaya, aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dapat meningkat serta dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:16
Last Modified: 15 Apr 2016 07:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26879

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo