UMM Institutional Repository

REPRESENTASI WANITA DALAM LIRIK LAGU POP INDONESIA (Analisis Semiotika Tentang Lirik Lagu Bertemakan Wanita)

Lestari, Nunung (2013) REPRESENTASI WANITA DALAM LIRIK LAGU POP INDONESIA (Analisis Semiotika Tentang Lirik Lagu Bertemakan Wanita). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nununglest-32861-1-pendahul-n.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nununglest-32861-2-babi.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Salah satu hal terpenting dalam sebuah musik adalah keberadaan lirik lagunya. Lirik lagu merupakan salah satu media komunikasi verbal yang memiliki makna didalamnya. Penelitian terhadap lirik lagu ini merupakan sebuah penelitian yang bertujuan melihat bagaimana wanita direpresentasikan dalam lirik lagu serta gagasan-gagasan apa saja yang terdapat di dalamnya. Representasi adalah sebuah proses sosial representing. Representasi bisa berarti proses perubahan konsep-konsep ideologi yang abstrak dalam bentuk-bentuk yang kongkrit. Representasi juga mewakili atau melambangkan, memperlihatkan sebuah citra gambaran, penampilan dramatis. Jadi representasi wanita merupakan gambaran wanita dari sebuah pemaknaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana wanita digambarkan dalam lirik lagu tersebut dengan menggunakan pendekatan semiotika, khususnya model “Signifikasi Dua Tahap” Roland Barthes. Dengan menggunakan model tersebut, maka peneliti perhatian khusus pada makna konotasi dan makna denotasi yang terkandung dalam sebuah tanda, dimana berdasarkan kerangka Barthes, konotasi identik dengan operasi ideologi, yang disebutnya sebagai “mitos” dan berfungsi untuk mengungkapkan serta memberikan pembenaran bagi nilai-nilai dominan yang berlaku dalam suatu periode tertentu. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Unit analisis kata-kata yang membentuk kalimat yang ada dalam dua puluh lagu yang bertemakan tentang wanita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa seorang wanita “pop” atau wanita yang telah dikonstruksi oleh budaya popular yang merupakan karakter wanita yang kuat dan mandiri. Wanita yang dapat melakukan segala sesuatu sendiri. Wanita “pop” mempunyai pandangan dan pemikiran bahwa semua manusia sama yang tidak ada bedanya. Bahwa pria adalah dominasi dan wanita merupakan subordinasi, merupakan stereotipe yang dipatahkan olehnya. Dan hal tersebut dianggap sah-sah saja apabila seorang wanita “pop” mempunyai sebuah kuasa melebihi pria. Seorang wanita “pop” dapat mencapai kekuasaannya dengan menggunakan segala kefeminitasnya dan kecantikan fisiknya yang dipergunakan sebagai senjata untuk dapat mempengaruhi pria yang diinginkannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:59
Last Modified: 15 Apr 2016 03:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26873

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo