UMM Institutional Repository

REPRESENTASI PLURALISME DALAM FILM TANDA TANYA"?" (Sebuah Analisis Semiotik)

Wicaksono, Ridwan Hadi (2013) REPRESENTASI PLURALISME DALAM FILM TANDA TANYA"?" (Sebuah Analisis Semiotik). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ridwanhadi-34523-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ridwanhadi-34523-2-babi.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Fenomena pluralisme agama telah menjadi fakta sosial nyata yang harus di hadapi masyarakat modern. Untuk itu pertama kali dalam sejarahnya manusia menyaksikan dirinya secara global hidup berdampingan (koeksistensi) dengan berbagai penganut agama yang berbeda dalam satu negara, dalam satu wilayah dalam satu kota dan bahkan satu golongan atau agama yang sama, fenomena demikian bagi masyarakat yang belum terbiasa dan belum memiliki pengalaman dalam berkoeksistensi damai seperti Barat, tentu akan menimbulkan problematika tersendiri. Salah satu Film Indonesia yang pernah menuai kontroversi yang beragam, baik dari pihak agamawan dan masyarakat awam ialah film Tanda Tanya " ? ", yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Hal ini karena film ini dianggap tidak sesuai dengan nilai-nilai pluralisme yang sesungguhnya (dalam hal ini pluralisme sosiologi), dan karena itu berpotensi untuk menghasut masyarakat untuk inkonsisten dengan tradisi keyakinannya. Film Tanda Tanya " ? " adalah judul film yang akan diteliti, berupa film yang mengangkat realitas pluralisme melalui kisah tentang perbedaan agama yang membawa konflik, yang pada akhirnya berbagai perbedaan agama menemukan satu kesamaan tentang hidup yang lebih baik dalam tatanan kebersamaan dan toleransi. Film ini dirilis pada 7 April 2011 dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo, berdurasi 100 menit. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana film Tanda Tanya " ? " merepresentasi pesan tentang pluralisme. Penelitian menggunakan metode kualitatif, yaitu menggunakan metode semiotika Charles Sanders Peirce. Dalam penelitian kualitatif, peneliti sendiri atau dengan bantuan orang lain merupakan alat pengumpul data utama. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian pustaka (library research), pengumpulan data berupa teks dan gambar dalam beberapa scene dalam film Tanda Tanya " ? " yang dianggap oleh peneliti terdapat unsur tanda-tanda berupa simbol, indeks, ikon yang berkenaan dengan pluralisme, yang selanjutnya akan dianalisis memakai segitiga makna Peirce untuk mendapatkan bagaimana representasi pluralisme dalam film Tanda Tanya " ? ". Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa representasi pluralisme dalam film ini menampilkan pluralisme agama, sebagai relativisme kebenaran agama. Yang ditunjukkan melalui tanda - tanda yang telah diamati yaitu berupa sinkretisme dua agama, penggambaran agama dengan satu Tuhan, Inklusivisme yang kebablasan. Selain itu peneliti menemukan adanya simbol secara aktif memahami lintas perbedaan, serta sikap menghargai kebebasan beragama dan menghargai keputusan orang lain untuk berpindah keyakinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:44
Last Modified: 12 Mar 2018 02:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26865

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo