UMM Institutional Repository

RESPON IBU RUMAH TANGGA TERHADAP IKLAN HAPPY CALL DI TELEVISI (Study pada ibu rumah tangga Rt 01- 03 Rw 08 Perumnas Sawojajar Malang )

Rachmawati, Meidiana Fadhilla (2013) RESPON IBU RUMAH TANGGA TERHADAP IKLAN HAPPY CALL DI TELEVISI (Study pada ibu rumah tangga Rt 01- 03 Rw 08 Perumnas Sawojajar Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meidianafa-34524-1-pendahul-n.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meidianafa-34524-2-babi.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Iklan merupakan pesan yang menawarkan sebuah produk kepada konsumen lewat suatu media yang bertujuan membujuk masyarakat untuk mencoba dan akhirnya memberi produk yang ditawarkan. Kehadiran iklan televisi memberikan sensasi berbeda yang mampu mengubah pola pikir masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sehari- hari. Begitu juga dengan iklan Happy Call ditevisi yang menghadirkan sebuah produk alat memasak yang membantu ibu-ibu dalam memutuskan, memilih produk sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon ibu rumah tangga terhadap iklan Happy Call. SOR (Stimulus-Organism-Response)yang diungkapkan Berger dan Lambert dalam bukunya Efendy, bahwa respon (effect,tanggapan) yang ditimbulkan adalah reaksi khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan. Jadi unsur dalam model ini adalah: pesan (stimulus,S), komunikan (organism, O), dan efek (respon, R). Untuk mendukung teori tersebut dalam penelitian ini respon ibu rumah tangga terhadap iklan Happy Call dalam studi penelitian di RT 01- 03 RW 08 Perumnas Sawojajar Malang menggunakan konsep AIDDA. Dilihat dari perspektif komunikasi, konsep AIDDA ini bersifat satu arah (linier) artinya produsen atau pengiklan sebagai komunikator terlihat sangat perkasa, dan konsumen (komunikan) tidak berdaya. AIDDA merupakan pertahapan dari komunikasi persuasive diantaranya; attention (perhatian), interest (minat), desire ( hasrat), decicion (keputusan), action (kegiatan). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dengan 18 butir pertanyaan yang disebar pada 52 responden yang tinggal di RT 01-03 RW 08 Perumnas Sawojajar yang pernah menonton iklan Happy Call. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukan analisis data, maka dibuat kesimpulan bahwa dari 52 responden, respon ibu rumah tangga terhadap iklan happy call dikatakan tinggi ketika responden membeli produk tersebut. Dari iklan tersebut mampu merubah perilaku responden dari menonton tayangan iklan menjadi tertarik terhadap iklan dan kemudian membeli produk tersebut. Apabila dikaitkan dengan tingkatan respon, disini respon responden berada pada tingkatan konatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:40
Last Modified: 15 Apr 2016 03:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26863

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo