UMM Institutional Repository

PESAN SOSIAL DALAM IKLAN (ANALISIS ISI PESAN DALAM IKLAN M 150 VERSI HERO)

SYAHBAL, WILDAN (2013) PESAN SOSIAL DALAM IKLAN (ANALISIS ISI PESAN DALAM IKLAN M 150 VERSI HERO). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wildansyah-34525-1-pendahul-n.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wildansyah-34525-2-babi.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

M150 pada akhir tahun 2010 meluncurkan sebuah iklan yang sangat berbeda dari pada ikaln-iklan minuman berenergi yang lainnya. Iklan M150 tersebut muncul dengan kemasan yang tidak memperlihatkan bentuk tubuh lelaki yang kekar dan besar. Iklan yang di luncurkan bertajuk “ everybody can be a hero” , dengan alur cerita yang sangat menyentuh. Dalam iklan tersebut diceritakan seorang lelaki yang bekerja keras, rela melakukan pekerjaan apa saja demi membahagiakan Ibunya dan memberikan kejutan makan malam yang sangat spesial. Iklan M150 tersebut mampu menarik perhatian masyarakat, sehingga iklan tersebut di munculkan kembali pada awal tahun 2011. M150 di produksi oleh perusahaan Osostpa Ltd, yang merupakan salah satu sebuah perusahaan tertua di Thailand. Berkaitan dengan penjelasan diatas, peneliti ingin mengetahui seberapa besar frekuensi kemunculan pesan sosial dalam iklan M150 versi “hero” dengan metodologi analisis isi kuantitatif, karena iklan M150 versi “hero” menampilkan iklan yang mengangkat kehidupan sosial di masyarakat yang sudah mulai tidak diterapkan. Penggunaan analisis isi dirasakan lebih efektif daripada menggunakan analisis framing, wacana ataupun semiotika. Hal ini disebabkan karena tujuan dalam penelitian ini hanya mencari tahu frekuensi kemunculan pesan sosial dalam Iklan M-150 versi Hero. Sehingga dengan menggunakan analisis isi ini tujuan peneliti tercapai. Mengingat alasan diatas, pada dasarnya alasan penggunaan analisis isi dalam penelitian ini didasarkan pada tujuan dari analisis isi tersebut, yakni : 1). Mendeskripsikan dan membuat perbandingan terhadap isi media. 2). Membuat perbandingan antara isi media dengan realitas sosial. 3). Isi media merupakan refleksidari nilai-nilai sosial dan budaya serta system kepercayaan masyarakat. 4). Mengetahui fungsi dan efek media. Hasil yang terdapat pada penelitian iklan M-150 versi hero yakni, besarnya frekuensi pesan sosial kasih sayang yang sudah dimasukan dalam kategorisasi pesan-pesan sosial. Peneliti mendapatkan 26 Shot dari 61 shot atau 42,62 % pesan sosial dari 100% shot pada iklan M-150 versi Hero. Dari 42,62% frekuensi kmunculan pesan sosial yang muncul dari Iklan M-150 versi Hero, terdapat 11 shot untuk kategori kasih sayang atau sebesar 18,03%, 5 shot untuk kategori kejujuran atau sebesar 8,2%, dan 10 shot atau 16,39% kategori kerja keras.Keseluruhan analisis yang dilakukan peneliti, mendapatkan pesan sosial kasih sayang menempati besarnya frekuensi pesan sosial yang muncul pada iklan M-150 versi hero. Sehingga pesan kasih sayang mendominasi keseluruhan isi pada iklan M150 versi ”hero” dengan prosentase 18,03% atau 11 shot. Dengan hasil penelitian diatas maka diharapkan agar para pembuat iklan lebih membuat iklan yang didalamnya mengandung pesan sosial. karena secara tidak langsung iklan yang dibuat mampu mempengaruhi pola kehidupan masyarakat. Para pembuat iklan di negara Indonesia diharapkan mampu lebih terpacu untuk membuat iklan yang banyak mengangkat pesan-pesan sosial yang baik yang sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat, sehingga iklan-iklan di negara Indonesia bisa member contoh baik kepada masyarakat Indonesia. Sedangkan untuk para peneliti analisis isi selanjutnya untuk lebih memperdalam lagi wawasannya pada penelitian analisis isi kuantitatif, sehingga hasil dari penelitian yang dilakukan akan lebih maksimal dan memuaskan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:36
Last Modified: 15 Apr 2016 03:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26860

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo