UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI PEMBERITAAN KEPEMIMPINAN JOKO WIDODO DI MEDIA ( Analisis Framing Pada Harian Jawa Pos Edisi 15 oktober sampai 27 oktober 2012 )

Shabrina, Nadlilah Fithri (2013) KONSTRUKSI PEMBERITAAN KEPEMIMPINAN JOKO WIDODO DI MEDIA ( Analisis Framing Pada Harian Jawa Pos Edisi 15 oktober sampai 27 oktober 2012 ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadlilahfi-34531-1-pendahul-n.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadlilahfi-34531-2-babi.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Joko Widodo atau yang akrab dipanggil dengan sebutan Jokowi adalah Gubernur terpilih 2012, sejak dari awal kemunculan nya, dia sudah menjadi sosok yang fenomenal. Gaya bicara yang kental dengan logat jawa serta sikap nya yang merakyat, membuat masyarakat semakin berharap, bahwa di tangan Jokowi DKI Jakarta bisa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.Berbagai media massa juga tidak ketinggalan untuk terus memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang gebrakan apa saja yang sedang dilakukan Jokowi. Dalam skripsi ini peneliti mengambil salah satu media cetak terbesar di indonesia yakni Jawa Pos pada edisi 15-27 oktober 2012 untuk dianalisis dari segi framing. Hal yang ingin diketahui dari analisis tersebut terbagi menjadi dua point yakni yang pertama bagaimana pemaknaan harian Jawa Pos tentang kepemimpinan Joko Widodo, kemudian yang kedua yaitu bagaimana konstruksi media Jawa Pos tentang kepemimpinan Jokowi. Dari rumusan masalah yang telah dikemukakan tentang pemaknaan serta konstruksi media tersebut, Penelitian ini merupakan analisis teks media yang bersifat interpretatif dengan pendekatan analisis framing. Analisis framing adalah analisis yang dipakai untuk melihat bagaimana peristiwa dipahami dan dibingkai olehmedia. Peneliti kemudian memberikan dan memilih model analisis framing Pan dan kosicky untuk mendapatkan dan menjawab dua rumusan masalah penelitian ini. Model Pan dan Kosicky memberikan struktur beberapa point dalam menganalisis sebuah kasus pada media yakni diantaranya, Struktur sintaksis bisa diamati dari bagan berita, Struktur skrip melihat bagaimana strategi bercerita, Struktur tematik berhubungan dengan cara wartawan mengungkapkan pandangannya atas peristiwa kedalam proposisi, kalimat, atau hubungan antar kalimat yang membentuk teks secara keseluruhan, struktur retoris berhubungan dengan cara wartawan menekankan arti tertentu. Objek yang diambil pada peneltian ini tentu saja langsung dari 15-27 oktoberpada koran Jawa Pos tersebut. Dari hasil penelitian analisis framing menunjukkan bahwa dapat disimpulkan Jawa Pos memaknai Kepemimpinan Jokowi sebagai pemimpin yang pro rakyat atau dekat dengan rakyat. Sementara itu mengenai bagaimana media yang ber ideologi kapitalis ini mengkonstruksi berita Jokowi nampak sekali Jawa Pos memandang mantan Gubernur Solo ini dari sisi “kekuasaan”. Sementara tekhnis menyusun beritanya dibuat seperti alur bercerita sehingga memudahkan masyarakat untuk membaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:12
Last Modified: 15 Apr 2016 03:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26847

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo