UMM Institutional Repository

HUBUNGAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU, MINAT BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA MTs SWASTA DI KOTA MALANG

ILMI, IKVINA BIL (2014) HUBUNGAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU, MINAT BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA MTs SWASTA DI KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikvinabili-34351-2-babi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikvinabili-34351-1-pendahul-n.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Peningkatan hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya guru dan minat belajar siswa. Guru mempunyai peranan penting dalam menentukan hasil belajar peserta didik. Pendidikan yang bermutu sangat bergantung pada keberadaan guru yang bermutu dan berkualitas, yakni guru yang berkompeten dalam mengajar, karena guru yang bekompeten dalam mengajar diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, demikian juga dengan minat belajar. Minat merupakan aspek yang penting yang harus diiliki oleh siswa, tanpa minat yang kuat sulit bagi siswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, karena minat belajar timbul pada diri siswa itu sendiri. Pembelajaran IPA sangat dibutuhkan guru yang berkompeten dan minat belajar yang tinggi agar siswa lebih mudah menerima pelajaran sehingga hasil belajar IPA menjadi optimal. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs swasta di kota Malang, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 90 siswa dari 3 sekolah yang diambil secara acak. Metode pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengujian, dapat diketahui bahwa terdapat hubungan antara kompetensi mengajar guru dengan hasil belajar IPA, demikianjuga minat belajar IPA dengan hasil belajar IPA, sedangkan secara ganda (simultan) juga terdapat hubungan yang signifikan dengan hasil belajar. Kompetensi mengajar guru memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan minat belajar IPA, hal ini dapat dilihat dari perhitungan sumbangan efektifnya yaitu untuk kompetensi mengajar guru memiliki SE sebesar 27,283% sedangkan SE minat belajar sebesar 24,671%. Hubungan ganda kompetensi mengajar guru dan minat belajar IPA memiliki SE sebesar 51,9%, artinya kompetensi mengajar guru dan minat belajar IPA memiliki pengaruh sebesar 51,9% terhadap hasil belajar sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain selain kompetensi mengajar guru dan minat belajar IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:10
Last Modified: 15 Apr 2016 03:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26846

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo