UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN SITUS FACEBOOK DAN TWITTER SEBAGAI MEDIA PERSONAL BRANDING” (STUDI PADA ANGGOTA JOURNALISTIC CLUB MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG)

Ariani, Anizar (2013) PENGGUNAAN SITUS FACEBOOK DAN TWITTER SEBAGAI MEDIA PERSONAL BRANDING” (STUDI PADA ANGGOTA JOURNALISTIC CLUB MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anizararia-34532-1-pendahul-n.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anizararia-34532-2-babi.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena melihat banyaknya fenomena seseorang dapat mencapai sesuatu dengan menampilkan keahlian yang dimiliki melalui facebook dan twitter. Barrack Obama sudah jauh lebih dahulu berfikir cerdas dengan membuat situs pribadi di domain www.barrackobama.com yang sarat informasi, visi, misi dan aktivitas. Penggunaan facebook dan twitter digunakan hampir semua khalayak. Dalam penggunaan facebook dan twitter bukan hanya sekedar sebagai pencitraan, namun sebagai media pengungkapan informasi personal seperti halnya menampilkan keahlian yang dimiliki atau sesuatu yang unik. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dibuat rumusan masalah penelitian, yaitu, ”Bagaimana penggunaan situs facebook dan twitter sebagai media personal branding pada anggota Journalistic Club Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang? Adapun tujuan penelitian ini, yaitu mengetahui dan mendeskripsikan facebook dan twitter sebagai media personal branding. Konsep dan teori yang dianggap relevan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan personal branding. Eight laws of personal branding adalah delapan hukum dasar personal branding yaitu adalah laws of specialisation, laws of leadership, laws of personality, laws of distinctiveness, laws of visibility, laws of unity, laws of persistence, dan laws of goodwill, secara spesifik mengenai Personal branding oleh Peter Montaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dilakukan melalui purposif sampling dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan dan didapatkan 6 (enam) subyek penelitian yang memberikan data-data melalui wawancara terstruktur sebagai teknik pengumpulan data. Subyek penelitian adalah mahasiswa anggota Journalistic Club Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Hasil penelitian khalayak dalam menggunakan facebook dan twitter sebagai media personal branding. Facebook dan twitter sebagai media personal branding tempat yang cocok ketika ingin dikenal seseorang lewat status dan tweet yang di-posting, menjadikan gaya hidup di dunia nyata untuk diaplikasikan ke dunia maya. Dalam membangun personal branding ada beberapa tahap agar brand yang dibangun kuat yaitu relevan mewakili diri sendiri, unik dan khas, dan konsisten, namun dalam hal konsisten para informan belum secara sempurna melakukannya. Atas hasil temuan dari penelitian tersebut, dapat direkomendasikan jika para informan atau subjek penelitian tersebut adalah, individu yang sudah mempunyai reputasi yang cukup baik, ataupun merupakan suatu kelompok khusus tertentu yang konsisten melakukan personal branding. Oleh karena itu, disarankan pada penelitian selanjutnya untuk melakukan metode penelitian yang serupa, namun dengan objek penelitian seorang yang dikenal memiliki reputasi atau sudah konsisten terhadap suatu bidang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:08
Last Modified: 15 Apr 2016 03:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26845

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo