UMM Institutional Repository

PEMANFAATAN BERBAGAI KONSENTRASI PEWARNAAN BIT TERHADAP HASIL PEMBUATAN PREPARAT MASERASI BATANG SIRIH MERAH (Piper crocatum Ruiz dan Pav)

IZZAH, AINUL (2014) PEMANFAATAN BERBAGAI KONSENTRASI PEWARNAAN BIT TERHADAP HASIL PEMBUATAN PREPARAT MASERASI BATANG SIRIH MERAH (Piper crocatum Ruiz dan Pav). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ainulizzah-34492-1-pendahul-n.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ainulizzah-34492-2-bab1.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Maserasi merupakan salah satu teknik pembuatan preparat yang digunakan untuk melihat kenampakan sel secara utuh. Preparat maserasi adalah suatu preparat yang proses pembuatannya dengan cara pembusukan buatan (melunakkan jaringan tertentu) dengan menggunakan cairan maserator. Dalam pembuatan preparat maserasi ini tidak lepas dari zat warna yang berguna untuk membedakan secara kontras bagian-bagian dari jaringan. Zat warna alami (natural dyes) adalah zat warna yang diperoleh dari alam khususnya dari tumbuh-tumbuhan secara langsung maupun tidak langsung. Setiap tanaman dapat sebagai sumber zat warna alam karena mangandung pigmen. Pewarnaan akan mempermudah pengamatan sel atau jaringan di bawah mikroskop, sebab bahan pewarna (zat warna) mempunyai aktifitas selektif terhadap organel sel. Akan tetapi, tidak semua organel sel mampu bereaksi dengan bahan perwarna yang sama, hal ini disebabkan adanya perbedaan komponen penyusun serta sifat setiap organel sel. Pada penelitian ini, menggunakan batang Piper crocatum Ruiz & Pav sebagai objek yang diteliti, dan pewarna alami sendiri bersumber dari Buah bit. Tanaman sirih merah (Piper crocatum) termasuk dalam famili Piperaceae, tumbuh merambat dengan bentuk daun menyerupai hati dan bertangkai. Bit merupakan tanaman semusim yang berbentuk rumput. Bit yang termasuk dalam family Chenopodiaceae merupakan tanaman semusim yang berbentuk rumput. Umbi ini merupakan hasil perubahan bentuk dari akar tunggang dimana pada bagian ujungnya masih terdapat akar. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hasil pembuatan preparat maserasi batang sirih merah (Piper crocatum Ruiz & Pav) yang baik, dengan pengaruh konsentrasi pewarnaan terhadap pembuatan preparat batang Sirih merah (Piper crocatum) dengan pewarna buah bit. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan tanaman dengan Genus Piper yang digunakan adalah Piper crocatum Ruiz & Pav dan Beta vulgaris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pewarnaan menggunakan pewarna alami buah bit (Beta vulgaris) pada pembuatan preparat batang sirih merah (Piper crocatum Ruiz & Pav) menujjukkan hasil yang baik pada tingkat konsentrasi yang tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Apr 2016 02:42
Last Modified: 15 Apr 2016 02:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26838

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo