UMM Institutional Repository

TUGAS HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi pada Bank BNI Cabang Probolinggo)

PRATAMA, AGUNG OKTAFIAN (2013) TUGAS HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi pada Bank BNI Cabang Probolinggo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agungoktaf-34534-1-pendahul-n.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agungoktaf-34534-2-babi.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah komitmen berkelanjutan yang dibangun oleh BNI untuk berperilaku etis dan memberikan kontribusi pada pembangunan nasional sekaligus meningkatkan kualitas hidup komunitas lokal dan masyarakat secara keseluruhan. Hal ini merupakan perwujudan budi baik (goodwill) perusahaan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat. Program CSR yang dilakukan BNI adalah sesuai dengan bisnis perusahaan sehingga dapat berjalan alami, serta mampu memberikan manfaat dan perubahan yang signifikan bagi masyarakat. Bantuan dan partisipasi yang diberikan oleh BNI bagi kemajuan ekonomi, sosial dan lingkungan adalah berdasarkan visi dan misi dalam rangka menuju pembangunan yang berkelanjutan, serta berlandaskan kepada S.E. Kepmen BUMN No. SE-433/MBU/2003 tanggal 16 September 2003 tentang dana kemitraan dan bina lingkungan dalam kaitannya dengan prinsip membawa perubahan yang signifikan. Berkenaan dengan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tugas humas bank BNI dalam membangun citra perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)? (2) Apa saja hambatan humas bank BNI dalam melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) di masyarakat sekitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tugas humas bank BNI dalam membangun citra perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) (2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang ditemui oleh humas bank BNI dalam melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) di masyarakat sekitar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tipe kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan : (1) observasi, (2) wawancara (3) dokumentasi. Berpedoman pada tipe penelitian deskriptif, dimana setelah data terkumpul, proses selanjutnya adalah menyederhanakan melalui beberapa poses, baik pencatatan, pengetikan, penyuntingan dan alih tulis untuk mudah dibaca dan dipahami dalam upaya mencari jawaban atas permasalahan yang dirumuskan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa secara kualitatif, artinya data yang diperoleh dilakukan pemaparan serta interpretasi secara mendalam dengan harapan dapat menarik kesimpulan dan verifikasi dari satu kegiatan konfigurasi yang utuh dan bermanfaat untuk diuji kebenarannya, kekokohannya dan kecocokannya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa humas Bank BNI Cabang Probolinggo sangat berperan untuk mengatur kinerja yang ada di bank termasuk mengajukan proposal, membuat serta menjalankan program CSR yang akan disalurkan kepada masyarakat sekitar perusahaan. Peran Humas Bank BNI dalam membangun citra perusahaan sangat penting,mengingat Bank BNI memiliki visi yaitu menjadi ‘Perusahaan yang Unggul dalam Layanan dan Kinerja’. Bank BNI percaya bahwa implementasi program-program CSR yang efektif akan mewujudkan visi Bank BNI,dan humas dituntut untuk menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Hal ini didukung oleh kemampuan serta kinerja yang dimiliki humas Bank BNI Cabang Probolinggo dalam menjalankan tugas serta menjalankan program –program CSR dengan baik. Adapun tugas humas bank BNI cabang Probolinggo adalah sebagai fasilitator komunikasi antara pihak perusahaan dengan masyarakat di sekitarnya, dan membantu perusahaan untuk mendengarkan apa yang menjadi keinginan masyarakat sekitar perusahaan, sebagai pelaksana kegiatan CSR yaitu mengumpulkan informasi keinginan publiik, mengolah kemudian menyajikan informasi yang diperlukan sehingga sesuai dengan keinginan publiknya dan sebagai penunjang atau pendukung keberhasilan perusahaan dalam mendapatkan citra yang baik melalui promosi, pemasaran, manajemen perusahaan, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 15 Apr 2016 02:33
Last Modified: 15 Apr 2016 02:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26835

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo