UMM Institutional Repository

PRAKTIK KOMUNIKASI PELAYANAN KEPOLISIAN RESORT KOTA PASURUAN (Studi pada Petugas Layanan Surat Ijin Mengemudi)

YULISTYANI, DWI (2013) PRAKTIK KOMUNIKASI PELAYANAN KEPOLISIAN RESORT KOTA PASURUAN (Studi pada Petugas Layanan Surat Ijin Mengemudi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiyulisty-34562-1-pendahul-n.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiyulisty-34562-2-babi.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pelayanan publik keterampilan berkomunikasi menjadi salah satu aspek penting yang akan mempengaruhi bagaimana efektifitas pelayanan publik yang diberikan serta akan menentukan bagaimana masyarakat sebagai pelanggan dalam merespon dan mencitrakan organisasi tersebut. Nilai baik tidaknya sebuah layanan sering kali dilihat dari bagaimana cara petugas layanan dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Di Satpas Polresta Pasuruan, petugas merancang bagaimana cara berkomunikasi dalam melakukan kegiatan pelayanan yang baik serta bagaimana cara mengatasi hambatan-hambatan yang akan dihadapi oleh instansi. Serta strategi apa yang dijalankan oleh Satpas Polresta Pasuruan dalam memberikan pelayanan pemohon SIM. Kepuasan akan pelayanan yang diberikan, akan terpenuhi apabila sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa SIM. Dari penjelasan diatas, peneliti tertarik untuk mengangkat permasalahn bagaimana “Praktik Komunikasi Pelayanan Kepolisian Resort Kota Pasuruan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Praktik Komunikasi Pelayanan Kepolisian Resort Kota Pasuruan melalui layanan SIM. Melalui penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara yang mendalam dengan satu BAUR (Bintara Urusan) SIM dan tiga Bintara Operator SIM SATPAS Polresta Pasuruan. Selain wawancara juga dilakukan observasi untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh Petugas dalam pelaksanaan Layanan SIM. pada tahap terakhir data yang diperoleh kemudian dianalisis yang kemudian di uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh data bahwa untuk memberikan pelayanan yang baik petugas layanan harus tetap dalam keadaan prima seperti menggunakan bahasa,ekspresi dan interaksi yang baik.. Petugas dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan SIM polresta mempunyai strategi khusus dalam meningkatkan citra Satpas Polresta Pasuruan. Sedangkan menurut Satpas Polresta Pasuruan ada kriteria Praktik Komunikasi pelayanan yang baik yaitu selalu tersenyum, menggunakan bahasa lokal saat berinteraksi dengan masyarakat, menghargai setiap pembicaraan yang disampaikan oleh masyarakat, jabat tangan dan setidaknya bisa menghafal nama pemohon agar masyarakat itu bisa merasa dihargai oleh pelayanan petugas agar dapat menimbulkan kesan dan citra yang positif pada petugas layanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 15 Apr 2016 02:21
Last Modified: 15 Apr 2016 02:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26831

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo