UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI SEBAGAI UPAYA BRANDING INSTITUSI Studi pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris English First Malang

Indrawati, Tika (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI SEBAGAI UPAYA BRANDING INSTITUSI Studi pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris English First Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tikaindraw-31195-1-pendahul-n.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tikaindraw-31195-2-babi.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya lembaga kursus bahasa Inggris yang berlomba-lomba untuk mempromosikan branding instiusinya. Hal senada juga dilakukan oleh English First Malang yang merupakan lembaga kursus bahasa Inggris yang aktif memperkenalkan branding instiusinya sebagai lembaga kursus bahasa Inggris terdepan dalam teknologi dan sistem belajar. Hal ini dilakukan agar dapat bertahan dalam persaingan. Agar isi pesan dapat melekat di benak konsumen dibutuhkan strategi komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Adanya komunikasi pemasaran terintegrasi akan menghasilkan konsistensi pesan yang lebih baik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran terintegrasi yang dilakukan English First Malang sebagai upaya branding institusi dan mengetahui hambatan dalam strategi komunikasi pemasaran terintgerasi yang dilakukan English First Malang. Teori dalam penelitian ini didasari oleh teori komunikasi pemasaran terintegrasi Schultz. Menurut teori ini penggunaan elemen yang tepat diantaranya iklan, public relations, sponsorship untuk saling bekerjasama akan menimbulkan komunikasi pemasaran terintegrasi dengan tujuan terciptanya pesan tunggal yang dapat membantu konsumen untuk mengetahui tentang perusahaan dan produknya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informasi atau data yang berkaitan dengan konsep perencanaan komunikasi pemasaran terintegrasi English First Malang yang dibuat, dilaksanakan, dikumpulkan dan dideskripsikan berdasarkan ungkapan dan interpretasi tiap subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima orang karyawan English First Malang yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Data yang diperoleh ditampilkan dengan penyederhanaan menggunakan teknik analisa Miles dan Huberman. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menggambarkan bahwa startegi komunikasi pemasaran terintegrasi dalam upaya branding institusi English First Malang dilakukan dengan menerapkan strategi yang sesuai dengan Standart Operasional Procedure dan melalui tahapan yang saling terkait yaitu analisa situasi, pemilihan segmentasi, menentukan bentuk komunikasi pemasaran, memilih saluran komunikasi, menyusun anggaran total dan mengumpulkan umpan balik. Selain itu, bentuk bisnis franchise seperti yang dimiliki oleh English First Malang memiliki andil untuk membentuk strategi komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Dapat dilihat dari isi pesan di media seperti brosur dan website sudah ditentukan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa English First Malang telah melakukan startegi komunikasi pemasaran terintegrasi. Dimana dapat dilihat pesan yang disampaikan di setiap media itu sama meskipun disampaikan dengan cara yang berbeda, yaitu sebagai lembaga kursus bahasa Inggris yang terdepan dalam teknologi dan sistem belajar. Namun dalam melakukan startegi ini terdapat hambatan berupa adanya miscommunication antar divisi marketing dengan akademik terkait informasi yang akan disampaikan kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 15 Apr 2016 02:11
Last Modified: 15 Apr 2016 02:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26828

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo