UMM Institutional Repository

PANDANGAN REMAJA TENTANG KEKERASAN NON VERBAL DALAM ACARA OPERA VAN JAVA (Studi Pada SMA ISLAM Malang)

Dewantoro, Wahyu Anugrah (2014) PANDANGAN REMAJA TENTANG KEKERASAN NON VERBAL DALAM ACARA OPERA VAN JAVA (Studi Pada SMA ISLAM Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyuanugr-34528-1-pendahul-n.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyuanugr-34528-2-babi.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada siswa siswi SMA “Islam” malang tentang kekerasan dalam acara opera van java dilakukan atas dasar ketertarikan peneliti akan pandangan remaja tersebut terhadap muatan kekerasan yang tersaji dalam acara opera van java. Acara yang bergenre komedi tersebut mampu bertahan cukup lama dalam dunia pertelevisian di tengah-tengah semakin banyaknnya acara-acara baru yang muncul. Acara opera van java yang mengambil setting wayang orang mempunyai konsep yang menarik dan sangat kreatif, tapi di sisi lain terdapat kekurangan yang perlu untuk di kaji ulang, terutama kekerasan yang sering dilakukan oleh pemainnya, baik verbal maupun non verbal. Audiens melakukan pandangan terhadap acara opera van java untuk mengetahui sejauh mana tanggapan para remaja terhadap kekerasan non verbal yang ada dalam acara opera van java. Dalam teori active audiens dalam mengkonsumsi media penonton sudah dapat bersikap selektif dan mempunyai kesadaran dalam mengkonsumsi isi dari media tersebut. Sehingga, ketika kekerasan yang terjadi di dalam media tersebut bisa di seleksi mana yang baik dan mana yang buruk, karena penonton sudah memiliki pengalaman yang dipengaruhi sosio-historis sehingga terdapat pandangan atau jawaban yang berbeda-beda pula dari setiap audiens. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dengan tujuan menjelaskan bagaimana pandangan remaja terhadap kekerasan yang terjadi dalam acara opera van java. Dimana peneliti akan menjelaskan secara terperinci dari hasil wawancara yang mendalam dan dokumentasi terhadap siswa siswi SMA “Islam” Malang yang telah di pilih oleh peneliti yang minimal menonton acara 3 kali tayang dalam seminggu. Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan 5 (lima) siswa siswi SMA “Islam” Malang yang dapat dijadikan subyek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pandangan penonton terutama remaja terhadap nilai nilai kekerasan yang terdapat dalam acara komedi opera van java menunjukan perbedaan pandangan dalam memaknai sebuah nilai kekerasan yang terdapat dalam isi media tersebut, karena semua pandangan remaja tersebut di pengaruhi oleh perkembangan sosio-historis mereka yang meliputi proses biologis, kognitif, dan sosio-emosional.Penonton menandakan secara berbeda atau memaknai secara berseberangan dengan apa yang ingin disampaikan oleh media tersebut. Sedangkan penonton yang lainnya dapat digolongkan pada posisi penonton yang dinegosiasikan (negotiated code/position) karena membuat pemaknaan alternatif atau pemakanaan sendiri pada pesan media yang berbeda dari pemaknaan utama (Teks Media) yang sesuai dengan kondisi mereka. Dimana menurut Chris Barker, penonton adalah pencipta kreatif makna-makna yang berkaitan dengan isi dari media tersebut. Mereka tidak sekedar menerima bergitu saja makna-makna terebut, melainkan melakukakn kompetensi kultural yang di dibangun dalam konteks bahasa dan relasi sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 14 Apr 2016 09:43
Last Modified: 14 Apr 2016 09:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26793

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo