UMM Institutional Repository

PENGARUH PDRB DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP TABUNGAN MASYARAKAT DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2007 - 2011

ELIZABETH, KARTIKA MONALISA (2014) PENGARUH PDRB DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP TABUNGAN MASYARAKAT DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2007 - 2011. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kartikamon-34570-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kartikamon-34570-2-babi.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Tabungan masyarakat adalah bagian pendapatan yang diterima masyarakat yang secara sukarela tidak digunakan untuk konsumsi. Ada beberapa factor yang mempengaruhi jumlah tabungan masyarakat, salah satu factor penting adalah tingkat pendapatan perkapita masyarakat. Teori klasik mengatakan bahwa tingkat tabungan merupakan fungsi dari tingkat bunga, antara keduanya (tingkat bunga dan tabungan) mempunyai hubungan yang positif, artinya semakin tinggi tingkat bunga maka keinginan masyarakat untuk menyimpan uangnya di lembaga perbankan juga akan semakin besar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh PDRB dan tingkat suku bunga terhadap tabungan masyarakat Kota/Kabupaten di provinsi jawa timur selama periode 2007 - 2011. Penelitian ini menggunakan data panel yaitu penggabungan dari data time series dan cross section. Dengan menggunakan data panel dapat mengidentifikasikan hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat secara akurat, data panel tidak melakukan Uji Asumsi Klasik cukup dengan uji statistic dengan mengetahui Uji T, Uji F, dan R-square. Ada tiga teknik yang bisa digunakan dalam regresi data panel yaitu teknik OLS (Common Effect), Fixed Effect dan Random Effect. Untuk menentukan teknik yang paling tepat untuk mengestimasi regresi data panel, harus melalui tiga uji yaitu uji F, uji LM, dan uji Hausman. Berdasarkan hasil penelitian untuk mengetahui perkembangan dari masing-masing variabel bebas dan pembahasan yang telah dilakukan tentang analisis jumlah tabungan masyarakat pada tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Timur tahun 2007 - 2011 serta mengestimasi dengan regresi berganda data panel bagaimana pengaruh PDRB dan tingkat suku bunga terhadap tabungan masyarakat. Sebaiknya pemerintah memberikan sebuah kebijakan agar pemerataan pendapatan dapat terlaksana pada tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Timur sehingga masyarakat menjadi sejahtera.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 14 Apr 2016 09:38
Last Modified: 23 Feb 2018 03:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26790

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo