UMM Institutional Repository

PERSEPSI MAHASISWA TENTANG IKLAN YANG MENGGUNAKAN ENDORSER KOMEDIAN (Studi Pada Mahasiswa Yang Diterpa Iklan Produk Kartu As Versi Sule)

AGUNG, DANI REZA KUSUMA (2013) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG IKLAN YANG MENGGUNAKAN ENDORSER KOMEDIAN (Studi Pada Mahasiswa Yang Diterpa Iklan Produk Kartu As Versi Sule). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-danirezaku-31160-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-danirezaku-31160-2-babi.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh gencarnya penggunaan celebrity endorser di berbagai iklan. Keberhasilan upaya membangun brand image ini sangat ditentukan oleh persepsi konsumen terhadap selebriti yang menjadi icon produk tersebut. Dengan dipersepsikannya seorang celebrity endorser secara positif oleh masyarakat, diharapkan positif pula brand image yang terbentuk di benak konsumen. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan munculnya brand image dalam pikiran konsumen yang tidak relevan dengan persepsinya terhadap celebrity endorser. Dengan kata lain, tidak selamanya seorang celebrity endorser dalam iklan dapat membangun brand image yang relevan dalam benak konsumen, seperti yang diinginkan pengiklan. Saat ini dalam berbagai iklan khususnya untuk produk baru, penggunaan selebriti sebagai salah satu strategi pemasaran, sangat efektif untuk membentuk stopping power bagi audience. Kehadiran selebriti dimaksudkan untuk mengkomunikasikan suatu merk produk dan membentuk identitas serta menentukan citra produk yang diiklankan. Pemakaian selebriti sebagai daya tarik iklan (advertising appeals), dinilai dapat mempengaruhi preferensi konsumen karena selebriti dapat menjadi reference group yang mempengaruhi perilaku konsumen. Dilatarbelakangi permasalahan tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui persepsi target audience terhadap celebrity endorser dalam iklan sebuah produk baru. peneliti menguji relevansi atau kecocokan antara persepsi target audience terhadap celebrity endorser dengan persepsi target audience terhadap brand image produk baru. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam (in-depth interview) dan didukung oleh studi pustaka yang relevan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan desain studi Fenomenologi. Dalam fenomenologi peneliti menempatkan diri di posisi orang yang meneliti untuk memahami suatu fenomena dari sudut pandang mereka. Penelitian ini menggunakan Analisis Tematik, dimana berdasarkan transkrip wawancara informan, diperoleh kata-kata kunci yang kemudian dikelompokan ke dalam tema-tema tertentu. Adapun tema-tema tersebut diperoleh dari kerangka konsep yang dipakai sebagai panduan penelitian yaitu DAGMAR Approach, Teori Persepsi, dan Model VISCAP. Hasil dari penelitian Comedian Sule dalam iklan kartu As menurut persepsi ke 4 informan adalah Endorser Aktraktif : Keren, mempunyai daya tarik, bisa diterima semua kalangan, gaul, aktif, fun dan energic, lucu, dan ceria. Dan Endorser Kredibel : Sule menjadi Trensetter, mewakili kalangan muda, persuasif, mempunyai personality yang bagus dan hebat. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan Dengan menggunakan kekuatan citra seorang selebriti yang mencakup daya tarik fisik (attractiveness), kredibilitas (credibility), dan tingkat popularitas (visibility), pengiklan dapat membangun citra sebuah produk. Kekuatan citra selebriti tersebut akan melekatkan citra dirinya sendiri kepada produk. Oleh karena itu, untuk membangun image sebuah produk dengan menggunakan celebrity endorser, terutama produk baru maka harus dipilih selebriti dengan karakter yang kuat dan benar-benar memiliki image yang diinginkan pengiklan untuk dilekatkan pada produk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 14 Apr 2016 08:52
Last Modified: 14 Apr 2016 08:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26779

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo