UMM Institutional Repository

PENGARUH PENGGUNAAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI KELAS VIII DI SMPN 01 GONDANGLEGI

LESTARI, WIDYA TRI (2015) PENGARUH PENGGUNAAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI KELAS VIII DI SMPN 01 GONDANGLEGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-widyatrile-38748-1-pendahul-n.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-widyatrile-38748-2-bab1.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Sistem penilaian yang mendominasi yaitu paper and pencil, dimana penilaian hanya ditekankan pada hasil akhir dan masih belum bisa mewakili dari kemampuan peserta didik. Bila kriteria penilaian belum memenuhi syarat maka penilaian masih belum dapat diaplikasikan ke dalam pembelajaran di kelas. Salah satu penilaian alternatif yang bisa menilai dari segi proses sampai akhir Tak hanya penilaian namun juga model pembelajaran mempengaruhi motivasi belajar yang meningkatkan juga hasil belajar mata pelajaran Biologi pada materi sistem peredaran darah yang tak hanya hafalan namun juga konsep maupun mekanisme pada tubuh manusia apalagi maka dipilihlah metode yang komunikatif dan interaktif agar peserta didik lebih bersemangat dalam belajar. Pembelajaran ini menggutamakan diskusi antar kelompok dimaksudkan peserta didik bisa lebih mempunyai karakter jujur dalam menyelesaikan tugas menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Two stay two stray. Tujuan dari pembelajaran tipe ini agar peserta didik saling percaya pada temannya dan menjadikan peserta didik lebih aktif di egiatan belajar di dalam kelas, sehingga dapat memaksimalkan kemampuan peserta didik dan yang dipadukan dengan penilaian portofolio sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Tujuan dari penilaian ini yaitu (1) Untuk meningkatkan hasil belajar (kognitif afektif, dan psikomotor) menggunakan penilaian portofolio dalam pembelajaran TSTS (2) Untuk menunjukkan perbedaan penilaian portofolio terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran TSTS. Penilaian dilakukan pada tanggal 01 April sampai 07 Mei 2013, jenis penelitian yaitu quasi experiment desain non-equivalent control group. Hasil penilaian adalah terdapat perbedaan nyata terhadap hasil belajar sedangkan pada hasil belajar ranah kognitif terdapat perbedaan yang menggunakan uji T. Hasil pada motivasi negative yang mengunakan uji tanda (Sign test) di kelas kontrol pada motivasi sebesar 0.804 dan pada kelas eksperimen motivasi negative sebesar 0.532 maka terdapat perbedaan perbedaan penilaian portofolio terhadap motivasi belajar terhadap di peserta didik kelas VIII di SMPN 01 Gondanglegi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 14 Apr 2016 07:17
Last Modified: 14 Apr 2016 07:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26748

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo