UMM Institutional Repository

PENGARUH MODAL DAN TENAGA KERJA USAHA PENGRAJIN BATIK TULIS KLASIK TERHADAP TINGKAT PRODUKSI ( Studi Pada Home Industri Kecil Menengah "IKM" Batik Tulis Klasik di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban )

Hidayatullah, Muhammad Nur (2014) PENGARUH MODAL DAN TENAGA KERJA USAHA PENGRAJIN BATIK TULIS KLASIK TERHADAP TINGKAT PRODUKSI ( Studi Pada Home Industri Kecil Menengah "IKM" Batik Tulis Klasik di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadnu-34308-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadnu-34308-2-babi.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang sifatnya memberikan gambaran secara umum bahasan yang akan diteliti dalam bentuk angka atau data yang kemudian di analisa, diklasifikasikan dan di presentasikan dalam bentuk uraian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal dan tenaga kerja IKM batik tulis klasik terhadap produksi pengusaha industri batik tulis klasik di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban dilihat dari tenaga kerja dan modal yang digunakan dalam produksi, melihat variabel yang berpengaruh terhadap produksi pada industri kecil menengah batik tulis klasik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga tenaga kerja dan modal berpengaruh terhadap produksi pada industri kecil menegah batik tulis klasik. Alat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi linier berganda Cobb Douglass, dengan Uji F dan Uji t serta Uji asumsi kalsik. Dari hasil analisa regresi linier berganda didapatkan hasil sebagai berikut: Y= -6.286474 + 0.695922 X1 + 1.260502 X2. Koefisien regresi sebesar 0.921, yang menyatakan besarnya pengaruh dari jumlah tenaga kerja (X1) dan modal awal (X2) tersebut terhadap produksi batik per bulan (Y). Artinya sebesar 92.1% keragaman dari produksi batik per bulan (Y) dipengaruhi oleh adanya faktor jumlah tenaga kerja (X1) dan modal awal (X2). Sedangkan sisanya 7.9% ditentukan oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Kemudian dari uji t dapat disimpulkan bahwa semua variabel bebas dalam penelitian ini yaitu tenaga kerja dan modal berpengaruh secara signifikan terhadap produksi batik tulis klasik di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Teknik uji F yang dilakukan yaitu dengan melihat nilai F hitung sebesar 145.1720 yang lebih besar dari F tabel 3.385 dengan nilai signifikansi 0.000 yang lebih kecil dari alpha 0.05 (p<0.05), sehingga tolak Ho dan dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel X1 dan X2 terhadap Variabel Y. Dari data yang ada dan telah diolah menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada produksi batik tulis klasik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 14 Apr 2016 07:11
Last Modified: 27 Feb 2018 03:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26745

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo