UMM Institutional Repository

JURNALISME WARGA DAN KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Pengguna Twitter)

Ikawati, Yeti (2013) JURNALISME WARGA DAN KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Pengguna Twitter). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yetiikawat-31232-1-pendahul-n.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yetiikawat-31232-2-babi.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Keberadaan Twitter memberikan warna baru di dunia jurnalistik. Hal ini dikarenakan Twitter digunakan sebagai media Jurnalisme Warga (Citizen Journalism) dengan tujuan untuk berbagi informasi kepada masyarakat diseluruh penjuru dunia. Kecepatan dan kemudahan dalam mengakses informasi melalui Twitter inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam meng-update informasi yang berada disekitarnya. Selain itu, kebutuhan mahasiswa akan informasi tidak hanya terbatas pada lingkup perkuliahan tetapi juga informasi lain dalam dunia sosial. Berdasarkan fakta di atas, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa melalui Citizen Journalism di Twitter dan dampak informasi tersebut dalam bagi mahasiswa pengguna Twitter. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana dalam menentukan subjek penelitian menggunakan kriteria – kriteria yang telah ditentukan peneliti dan terpilih tujuh orang sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi tidak partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Untuk uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa ada berbagai informasi Citizen Journalism yang diperoleh dan sesuai dengan kebutuhan informasi mahasiswa. Selain itu juga diperoleh manfaat serta dampak informasi tersebut dalam kehidupan mereka sehari – hari. Adapun informasi yang diperoleh dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa adalah informasi yang berhubungan dengan wawasan dan pengetahuan baru yang diperoleh yang mampu memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa. Selain itu informasi yang mereka butuhkan mengenai ketertarikan pada bidang tertentu atau komunitas tertentu yang sesuai dengan minat dan hobby mereka. Sedangkan manfaat yang diperoleh yaitu, (1)adanya keinginan untuk berpartisipasi dengan masyarakat; (2)adanya efisiensi waktu; (3)menambah pengetahuan baru dan memberikan solusi antisipasi terhadap keadaan yang terjadi di sekitarnya. Untuk dampak yang ditimbulkan yaitu, (1)memperoleh informasi lebih up to date; (2)mengembangkan minat yang dimiliki, serta dapat menambah wawasan dari berbagai informasi yang telah diperoleh; (3)memperluas jaringan pertemanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Apr 2016 06:29
Last Modified: 14 Apr 2016 06:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26711

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo