UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SMP NEGERI 1 SUBOH SITUBONDO

FITARI, DIYAH ARISKA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SMP NEGERI 1 SUBOH SITUBONDO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diyaharisk-33474-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diyaharisk-33474-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru kelas VIIIB. hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA biologi materi Sistem Peredaran Darah belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Hal ini dapat dibuktikan dari data hasil belajar pada tahun-tahun sebelumnya yang masih belum mencapai ketuntasan klasikal yakni 75%. Ketidaktuntasan dalam materi tersebut salah satunya disebabkan karena dalam pembelajaran di kelas guru cenderung menggunakan metode yang kurang menarik, sehingga siswa sering lupa materi yang sudah diajarkan. Metode problem solving dapat mendorong siswa berfikir sistematis dengan menghadapkannya pada problem-problem belajar. Penelitian ini bertujuan untuk : a) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suboh, b) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suboh dalam model pembelajaran kooperatif dengan metode problem solving. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan menerapkankan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Problem Solving ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I terdapat 21 siswa yang tuntas hasil belajarnya dan 9 siswa tidak tuntas hasil belajarnya (ketuntasan mencapai 70%). Sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 28 siswa dan 2 siswa yang tidak tuntas (ketuntasan mencapai 93%). Oleh karena itu dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Problem Solving telah berhasil dengan melihat kenaikan hasil belajar siswa kelas VIIIB di SMP Negeri 1 Suboh Kabupaten Situbondo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Apr 2016 04:11
Last Modified: 14 Apr 2016 04:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26684

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo