UMM Institutional Repository

PELAYANAN KOMUNIKASI DI RUMAH SAKIT BAPTIS KOTA BATU (Studi pada Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Baptis Kota Batu)

Surga S.W, Dewi (2013) PELAYANAN KOMUNIKASI DI RUMAH SAKIT BAPTIS KOTA BATU (Studi pada Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Baptis Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewisurgas-31618-1-pendahul-n.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewisurgas-31618-2-babi.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Rumah Sakit merupakan rujukan pelayanan kesehatan untuk Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), terutama upaya penyembuhan dan pemulihan, sebab rumah sakit mempunyai fungsi utama menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat penyembuhan dan pemulihan bagi penderita, yang berarti bahwa pelayanan rumah sakit untuk penderita rawat jalan dan rawat inap hanya bersifat spesialistik atau subspesialistik. Komunikasi sebagai jembatan dalam memulai suatu hubungan sehingga sangatlah dibutuhkan dalam pelayanan publik. Melayani dan dilayani adalah suatu proses interaksi dalam kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut dapat terlihat dalam segala bentuk pelayanan publik seperti di instansi pemeritahan, sekolah, Rumah Sakit, dan lain sebagainya. Aktivitas komunikasi dalam pelayanan biasanya berkaitan dengan suatu kepentingan dan tujuannya apa, siapa khalayak sasarannya, dalam rangka kegiatan apa, untuk membujuk dan memotivasi khalayak. Rumah Sakit Baptis melakukan pendekatan terhadap pasiennya dengan mengadakan beberapa program kegiatan sebagai pelayanan komunikasi yang disebut PKRS (Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit) seperti: ceramah kesehatan yang diberikan kepada pasien selain untuk menambah wawasan tentang kesehatan juga dapat dijadikan sebagai konsultasi gratis oleh pasien, penyuluhan, dan juga perkenalan atau promosi Rumah Sakit. Penelitian ini didasari atas fenomena yang terjadi dilapangan akan pentingya pelayanan komunikasi pada instusi pelayanan kesehatan. Hal tersebut dikarenakan komunikasi itu tidak dapat dipisahkan dari setiap individu. Kadangkala individu merasakan komunikasi tidak efektif karena kesalahan dalam menafsirkan pesan yang diterimanya. Jika kesalahan penerimaan pesan terus berlanjut akan berakibat pada ketidakpuasan baik dari pasien maupun petugas pelayanan. Untuk mendeskripsikan bagaimana pelayanan komunikasi di Rumah Sakit Baptis Kota Batu, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian metode ini menggunakan pengambilan Insidental Sampling, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisa data menggunakan model Miles dan Hubberman, analisa data model interaktif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, pengelolaan data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pelayanan komunikasi di Rumah Sakit Baptis Kota Batu, kualitas pelayanan komunikasi yang diberikan oleh petugas pelayanan Rumah Sakit Baptis kota Batu terbilang efektif. Pelayanan komunikasi tersebut sudah mencangkup pesan yang disampaikan secara verbal maupun non verbal, dan pesan-pesan tersebut telah ditangkap oleh pasien maupun masyarakat dengan positif. Berbagai keterangan atau informasi yang diberikan kepada pasien atau masyarakat juga telah dilaksanakan, selain itu para pasien mendapatkan perlakuan yang baik serta hormat meski dari kalangan apapun, hal tersebut diterima positif oleh pasien–pasien di Rumah Sakit tersebut. Adanya PKRS (Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit) seperti: ceramah kesehatan, penyuluhan, perkenalan, serta promosi yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit Baptis kota Batu telah memberikan nilai plus dan respon positif kepada pasien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Apr 2016 04:12
Last Modified: 14 Apr 2016 04:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26683

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo