UMM Institutional Repository

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PKn DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMP NEGERI 9 MALANG

AGUSTIN, RIA IKE (2013) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PKn DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMP NEGERI 9 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riaikeagus-32579-2-babi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riaikeagus-32579-1-pendahul-n.pdf

Download (775kB) | Preview

Abstract

Efektifitas Pembelajaran PKn Dalam Mengembangkan Kepribadian Siswa Di SMP Negeri 9 Malang Oleh: Ria Ike Agustin Pembimbing: Dr. Trisakti Handayani, M.M. dan Drs. Mansur Ibrahim Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan kepribadian siswa yang mengalami pertentangan dengan kemajuan zaman. Kemajuan zaman yang semakin cepat disertai perubahan tingkat ekonomi, teknologi, sosial, dan budaya. Perubahan ini telah mengikis kepribadian bangsa yang dijiwai dalam Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa. Keberadaan pembelajaran PKn yang bertujuan membentuk warga negara yang baik, bermartabat, berbudi luhur tetap saja masih terkatung-katung dan dianggap belum optimal membentuk watak bangsa. Padahal pembelajaran PKn merupakan salah satu upaya bangsa untuk mendidik warga negaranya sesuai harapan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk: menjelaskan efektifitas pembelajaran PKn dalam mengembangkan kepribadian siswa di SMP Negeri 9 Malang; menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran PKn dalam mengembangkan kepribadian siswa di SMP Negeri 9 Malang; dan menjelaskan hambatan-hambatan yang dihadapi pembelajaran PKn dalam mengembangkan kepribadian siswa di SMP Negeri 9 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 9 Malang yang terletak di Jln. Prof. Moch. Yamin VI/26 Malang. Subyek penelitian adalah siswa SMP Negeri 9 Malang. Sumber data menggunakan data primer yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi serta data sekunder yang diperoleh dari sekolah maupun media cetak dan media elektronik. Analisa data menggunakan deskriptif kualitatif dan teknik keabsahan data adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh, antara lain: efektifitas pembelajaran PKn belum efektif karena ada beberapa kriteria yang belum terpenuhi dalam kegiatan pembelajaran PKn di SMP Negeri 9 Malang. Adanya faktor-faktor, seperti: input kualitas siswa, waktu yang tersedia hanya 2 jam, metode yang kurang bervariasi sehingga mempengaruhi pembelajaran PKn dalam mengembangkan kepribadian. Hambatan-hambatan juga dihadapi dalam pembelajaran PKn, seperti: prasarana penggunaan LCD yang terbatas, waktu pembelajaran yang tersedia hanya 2 jam, guru mengelola ± 40 siswa setiap kelas untuk 7 rombongan belajar, kualitas sumber daya manusia yang dimiliki siswa, serta metode yang kurang bervariasi cenderung menimbulkan kejenuhan pada siswa sehingga terkesan tidak menarik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Apr 2016 04:04
Last Modified: 14 Apr 2016 04:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26678

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo