UMM Institutional Repository

MANAJEMEN SIARAN PADA VOICE OF AMERICA (VOA) INDONESIA (Studi Tentang Pengolahan dan Penyebaran Program Acara Radio dan Televisi Oleh VOA Indonesia)

Ardyansah, Rendra (2013) MANAJEMEN SIARAN PADA VOICE OF AMERICA (VOA) INDONESIA (Studi Tentang Pengolahan dan Penyebaran Program Acara Radio dan Televisi Oleh VOA Indonesia). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rendraardy-31628-1-pendahul-n.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rendraardy-31628-2-babi.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Manajemen Siaran pada Voice of America (VOA) Indonesia ini diawali dari ketertarikan peneliti terhadap aliran informasi internasional dimana kebanyakan sumber informasi berasal dari negara blok utara menuju blok selatan. VOA sebagai salah satu media yang berasal dari blok utara juga gencar memasukan informasinya ke Indonesia. Adapun fakta dari VOA yaitu ada 282 stasiun yang terdiri dari stasiun radio dan TV yang termasuk dalam jaringan afiliasi VOA Indonesia. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk menjelaskan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dalam Penyebaran Program Acara radio dan televisi yang dilakukan oleh VOA Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen penyiaran. Teori ini menelaah tentang manajemen yang diterapkan dalam organisasi penyiaran, yaitu bagaimana sebuah organisasi, dalam hal ini VOA Indonesia mengelola siaran dalam usahanya mencapaian tujuan organisasinya melalui penyelenggaraan siaran di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di gedung Deutsche Bank Jalan Imam Bonjol No. 80, Menteng, Jakarta Pusat dengan jumlah informan sebanyak empat orang kru VOA Indonesia yang diambil dengan teknik purposive sample (sampel bertujuan). Sementara itu untuk menguji keabsaahannya adalah menggunakan metode triangulasi data atau triangulasi sumber dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa VOA adalah goverment agency (agen pemerintah) Amerika yang bertujuan menginformasikan, merangkul dan menghubungkan manusia di seluruh dunia untuk mendukung kebebasan dan demokrasi dari Amerika. Produk dari tayangan VOA tidak diperuntukan untuk masyarakat Amerika itu sendiri, melainkan kepada negara-negara yang menjadi target Amerika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Apr 2016 04:04
Last Modified: 14 Apr 2016 04:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26677

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo