UMM Institutional Repository

ANALISIS KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM BERPAKAIAN SISWA SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 1 TRAWAS KAB. MOJOKERTO

BUDI, WAHYU SETIA (2013) ANALISIS KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM BERPAKAIAN SISWA SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 1 TRAWAS KAB. MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyusetia-32938-2-babi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyusetia-32938-1-pendahul-n.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Globalisasi telah membawa dampak yang sangat besar dalam dunia pendidikan, belakangan ini didunia pendidikan telah banyak perubahan tentang seragam sekolah. Dari situlah masalah yang akan perlu dikaji karena sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan formal tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Pengembangan kreativitas dalam dunia pendidikan untuk membentuk kepribadian, kecakapan, dan keterampilan bagi siswa sesuai dengan tujuan pendidikan Kebijakan adalah salah satu kunci utama dalam penerapan suatu aturan atau kebijakan yang diterapkan oleh suatu organisasi atau lembaga, dalam kontek ini kebijakan yang diterapkan di SMA Negeri 1 Trawas. Tujuan peneliti ini adalah (1) Bagaimana penerapan kebijakan sekolah dalam berpakaian sebagai pembentukan karakter siswa di SMAN 1 Trawas? (2) Bagaimana kendala yang dihadapi dalam penerapan kebijakan sekolah dalam berpakaian sebagai pembentukan karakter siswa si SMAN 1 Trawas? (3) Bagaimana solusi yang ditawarkan dalam penerapan kebijakan sekolah dalam berpakaian sebagai pembentukan karakter siswa di SMAN 1 Trawas? Berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Trawas melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara terhadap Wakil Kepala Sekolah, Kesiswaaan, Dan Siswa-Siswi di SMA Negeri 1 Trawas. Peran kepala sekolah dalam mebuat suatu kebijakan itu memang sagat penting. Terbukti di SMAN 1 Trawas dalam proses penerapan kebijakan seragam siswa sangat efektif hal itu bisa dilihat karena siswa-siswi sudah 95% telah mentaati aturan yang berlaku di SMAN 1 Trawas. Pembentukan karakter yang diterapkan melalui kebijakan seragam sekolah di SMAN 1 Trawas ini, memberikan siswa bekal untuk menjadi pribadi yang berkarakter baik, sebagaimana yang tercantum dalam visi dan misi sekolah ini yaitu; PAKHO. Keefektifan penerapan kebijakan seragam sekolah dalam pembentukan karakter siswa di SMAN 1 Trawas mendapat respon yang baik dari siswa karena kebijakan yang diterapkan oleh sekolah memberikan dampak yang sangat positif bagi mental ataupun fisik siswa. Kata Kunci : kebijakan, pakaian siswa, karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Apr 2016 03:44
Last Modified: 14 Apr 2016 03:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26663

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo