UMM Institutional Repository

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VIII-A SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU

SAYEKTI, APSUCI DWI (2013) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VIII-A SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-apsucidwis-31549-1-pendahul-n.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-apsucidwis-31549-2-babi.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Selama ini, umunya guru hanya terpaku pada konsep pembelajaran tradisional, misalnya pembelajaran teacher centered yaitu guru menggunakan metode ceramah, yang dapat membuat siswa pasif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang sesuai dengan harapan adalah dengan memperhatikan siswa, materi pelajaran, metode pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dapat memotivasi siswa untuk belajar dan membangun pengetahuan mereka sendiri tanpa bergantung kepada guru, yang dapat berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui kemampuan menganalisis dan berpikir kritis siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 8 Batu dengan penerapan model pembelajaran Examples Non Examples. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) dengan menggunakan prosedur kerja yang dipandang sebagai siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang dibuktikan dari perhitungan lembar observasi motivasi belajar siswa dan hasil post tes siswa. Perhitungan lembar observasi motivasi belajar siswa pada siklus I indikator minat yang dihitung secara klasikal menunjukan nilai presentase 61,55% (cukup), indikator perhatian 47,53 % (kurang), indikator konsentrasi 48,10% (kurang), dan indikator ketekunan 80,49% (baik), sedangkan pada siklus II Indikator minat 76,62% (baik), indikator perhatian 65,15% (cukup), indikator konsentrasi 62,50% (cukup), dan indikator ketekunan 96,59% (sangat baik). Secara keseluruhan indikator pada siklus I dapat dihitung rata-ratanya yaitu 59,41% (kurang) dan siklus II yaitu 75,21% (baik). Penerapan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisa nilai ketuntasan hasil belajar klasikal yang mengalami peningkatan dari 84,37% pada siklus I menjadi 96,96% pada siklus II yang artinya terjadi peningkatan sebesar 12,59%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Apr 2016 03:28
Last Modified: 14 Apr 2016 03:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26651

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo