UMM Institutional Repository

KINERJA BIROKRASI DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN UMUM DI DESA KAPONGAN KECAMATAN KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO

Abrori, Moh. Danil (2013) KINERJA BIROKRASI DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN UMUM DI DESA KAPONGAN KECAMATAN KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohdanilab-33536-2-babi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohdanilab-33536-1-pendahul-n.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

pelayanan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah di pusat, di daerah, dan di lingkungan badan usaha milik negara atau daerah dalam bentuk barang dan atau jasa, baik dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Akan tetapi, pemerintahan pascareformasi pun tidak menjamin keberlangsungan reformasi birokrasi terealisasi dengan baik. Tuntutan adanya pelayanan yang berkualitas di tiap-tiap daerah, mendorong peneliti untuk melihat lagi bagaimana kinerja birokrasi desa dalam meningkatkan pelayanan umum yang ada di Desa Kapongan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo saat ini. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang mencakup parameter yang digunakan untuk mengukur kinerja birokrasi desa dalam meningkatkan pelayanan umum, kinerja birokrasi desa dalam meningkatkan pelayanan umum di Desa Kapongan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo, Permasalahan yang dihadapi Pemerintah Desa dan upaya yang dilakukan Pemerintah Desa dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan kinerja birokrasi desa dalam meningkatkan pelayanan umum dapat dilihat dari tugas dan wewenangnya serta pelayanan yang ada di dalam Pemerintahan Desa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan telaah dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi, ketekunan penelitian dan perpanjangan kehadiran. kegiatan analisis, dimulai dari tahap reduksi data kemudian penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, parameter yang digunakan untuk mengukur kinerja birokrasi desa dalam meningkatkan pelayanan umum di Desa Kapongan dapat dilihat dari perspektif pemberi layanan (aparatur pemerintah). Ciri-cirinya meliputi: Efektif, Sederhana, Kejelasan dan kepastian, Keterbukaan (transparan), Efisiensi, ketepatan waktu, responsif dan adaptif. Dan perspektif pengguna jasa, indikatornya yaitu kepuasan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Apr 2016 03:24
Last Modified: 14 Apr 2016 03:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26649

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo