UMM Institutional Repository

Konstruksi Media tentang Kontroversi Penerimaan Siswa Baru di Kota Malang (Analisis Framing pada Surat Kabar Radar Malang Periode 30 Juni - 3 Juli 2012)

Aroma, Moch. Faris (2013) Konstruksi Media tentang Kontroversi Penerimaan Siswa Baru di Kota Malang (Analisis Framing pada Surat Kabar Radar Malang Periode 30 Juni - 3 Juli 2012). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochfarisa-31630-1-pendahul-n.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochfarisa-31630-2-babi.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Media mengkonstruksi sebuah peristiwa dengan cara memilih isu yang diterima. Aktivitas wartawan adalah menyeleksi isu yang diterima, wartawan dalam memilih fakta selalu ada dua kemungkinan; apa yang dipilih dan apa yang dibuang. Wartawan menekankan aspek tertentu dalam sebuah berita dengan cara memilih angel, fakta tertentu, dan menampilkan fakta yang lain, memberitakan aspek tertentu dan menghilangkan aspek yang lainnya. Salah satu peristiwa yang dikonstruksi oleh media adalah berita tentang Kontroversi Penerimaan Siswa Baru Kota Malang yang dimuat di Radar Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, peneliti menggunakan metode analisis framing model Robert N. Entman dalam menganalisis teks berita. Ada empat elemen model Entman yang digunakan peneliti untuk menganalisis teks berita tersebut, yaitu define problems, diagnose causes, make moral judgement, treatment recommendation. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori konstruktivisme, sebagai teori dasar penelitian ini. Teori lain yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengaruh isi media, ada beberapa faktor yang mempengaruhi isi media, yaitu: individu pekerja media, pengaruh dari rutinitas media, pengaruh dari organisasi media, pengaruh dari luar media , pengaruh ideologi . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seleksi isu dilakukan dengan cara pemilihan narasumber tertentu, sehingga informasi yang didapat akan sesuai dengan pembingkaian Radar. Penekanan aspek tertentu dalam berita tersebut dapat dilihat dari keseluruhan berita, yang mana pernyataan dari pihak anggota dewan Kota Malang lebih banyak ditampilkan, daripada Diknas selaku pihak yang dinyatakan sebagai penyebab permasalahan. Ada 2 alasan mengapa Radar membingkai berita ini, yaitu: Pertama, faktanya dalam penyusunan isu - isu, ada keterlibatan lembaga pemerintahan, dan anggota dewan Kota Malang. Jadi, penyusunan berita tersebut tidak sembarangan dilakukan, dan harus disusun dengan cara tertentu. Kedua, berita tersebut memiliki nilai berita tinggi, dan berhubungan dengan kepentingan orang banyak. Sehingga, berita yang dihasilkan akan mendapat nilai ekonomis yang tinggi. Ideologi dari pihak penguasa secara tidak langsung mempengaruhi penyusunan berita tersebut. Kelemahan dari penelitian ini adalah penelitian hanya terbatas pada analisis teks media saja, tanpa mempertimbangkan faktor lain yang terdapat di dalam media. Sehingga, peneliti sangat merekomendasikan agar kemudian ada penelitian lanjutan untuk riset pada studi media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Apr 2016 03:57
Last Modified: 05 Mar 2018 06:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26647

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo