UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN IKLAN OREO VERSI AFIQA TERHADAP KEPUTUSAN ANAK MEMBELI PRODUK (Studi pada Siswa Kelas IV-VI Sekolah Dasar Kauman I Malang)

WARDHANI, DESY PUSPA (2013) PENGARUH TERPAAN IKLAN OREO VERSI AFIQA TERHADAP KEPUTUSAN ANAK MEMBELI PRODUK (Studi pada Siswa Kelas IV-VI Sekolah Dasar Kauman I Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desypuspaw-31631-1-pendahul-n.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desypuspaw-31631-2-babi.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Iklan sebagai salah satu bentuk komunikasi massa, dapat menjaring perhatian banyak orang untuk menaruh perhatian lewat stimulinya, entah itu gambar, warna, maupun ukuran dan unsur-unsur lainnya, sehingga masing-masing orang mempunyai pandangan terhadap iklan tersebut. Penggunaan endorser yang tepat juga secara tidak langsung akan menambah daya tari tersendiri bagi iklan tersebut. Dan salah satunya adalah penggunaan Afika dalam iklan Oreo. Afika mulai dikenal banyak orang karena telah membintangi iklan Oreo tersebut. Setelah Afika mendapatkan kepopulerannya, lalu bagaimana penjualan produk Oreo itu sendiri. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan iklan Oreo versi Afika terhadap keputusan anak dalam membeli produk Oreo. Menurut Kotler (2002: 37) iklan adalah segala bentuk penyajian non personal dan promosi, ide, barang atau jasa oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. Terpaan iklan diartikan sebagai frekuensi individu dalam tertempa atau mengkonsumsi iklan. Pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen untuk melakukan suatu produk diawali oleh adanya kesadaran atas pemenuhan kebutuhan dan keinginan (Swastha & Handoko,1997: 15). Definisi operasional dalam penelitian ini terbagi ke dalam 2 variabel. Variabel X (Terpaan iklan Oreo versi Afika) terbagi ke dalam 3 indikator. Sedangkan variabel Y (Keputusan Membeli) terbagi ke dalam 2 indikator. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV s/d VI SDN I Kauman. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanya 73 responden yang diperoleh dengan menggunakan kriteria responden. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dalam mencari pengaruh dan koefisien korelasi dalam menjadi tingkat hubungan antar variabel. Dari analisa data yang telah dilakukan, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara terpaan iklan Oreo versi Afiqa terhadap keputusan anak membeli produk Oreo. Besarnya pengaruh yang diberikan dari terpaan iklan Oreo versi Afiqa terhadap keputusan anak membeli produk Oreo adalah sebesar 0.478 dalam setiap satu satuan peningkatan terpaan iklan oreo versi Afika pada anak.Dari perhitungan korelasi menunjukkan bahwa (r2) atau nilai koefisien korelasi antara terpaan iklan oreo versi afika dengan keputusan anak membeli produk Oreo adalah sebesar 0.478 atau 47,8%. Dari jumlah tersebut dapat diketahui bahwa tingkat hubungan antar kedua variabel tersebut sedang. Ini juga menunjukkan bahwa terdapat 22,8% keputusan anak membeli dipengaruhi oleh terpaan iklan produk Oreo sedangkan sisanya 77,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar fokus penelitian ini.Untuk memprediksi kemungkinan naiknya variabel Y jika variabel X dikendalikan dipergunakan perhitungan regresi sederhana tersebut jika variabel X dikendalikan, maka akan terjadi peningkatan variabel Y sebesar 2,064

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Apr 2016 03:21
Last Modified: 14 Apr 2016 03:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26643

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo