UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA RELIGIUS MELALUI MATA KULIAH AIK DAN UKM-K AR. FACHRUDDIN DI UMM

Ilham, (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA RELIGIUS MELALUI MATA KULIAH AIK DAN UKM-K AR. FACHRUDDIN DI UMM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ilham08350-31485-2-babipe-n.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ilham08350-31485-1-pendahul-n.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Ilham, 2013; Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Religius melalui Mata kuliah AIK dan UKM AR Fachruddin. Skripsi Jurusan PPKn/Civics Hukum, FKIP-UMM. Pembimbing (1) Drs. Nurbani Yusuf, MSi (2) Dr. Nurul Zuriah, MSi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Program jangka panjang dan jangka pendek mata kuliah AIK dan UKM-K AR. Fachruddin (2) Implementasi kebijakan pendidikan karakter berbasis budaya religius dalam mata kuliah AIK dan UKM-K AR. Fachruddin (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan pendidikan karakter berbasis budaya religius dalam mata kuliah AIK dan UKM-K AR. Fachruddin (4) Solusi yang di ambil untuk mengatasi masalah yang muncul dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan karakter berbasis budaya religius dalam mata kuliah AIK dan UKM-K AR. Fachruddin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pendidikan karakter di lingkungan mata kuliah AIK dan UKM-K JF di wujudkan dengan membangun nilai-nilai islami yang berdasarkan pada karakter Rasulullah yaitu, tablig, sidiq, amanah, fhatonah, religius manusiawi yang tercermin dalam aktivitas kegiatan seperti pengembangan wawasan ke-Islaman serta sikap atau perilaku islami pada mahasiswa dan kader JF antara lain, setiap mahasiswa harus berpakaian sopan, berjilbab bagi mahasiswi, jujur, menjalankan kewajiban agama, akhlaqul karimah, mandiri, peduli pada sesama. Faktor pendukung terwujudnya pendidikan karakter berbasis budaya religius di AIK dan JF adalah (1) AIK dan JF sebagai sarana berdakwah, iklim kampus yang religius seperti, peraturan rektor tentang cara berpakaian, masjid merupakan tempat yang sangat kondusif sebagai pusat kegiatan AIK dan JF. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, (1) bagi mata kuliah AIK bahwa heterogenitas tingkat wawasan ke Islaman mahasiswa, sebagian mahasiswa menganggap mata kuliah AIK sebagai mata kuliah tambahan sehingga cenderung terpaksa. (2) bagi UKM-K JF yaitu, belum optimalnya realisasi peraturan universitas mengenai ke disiplinan mahasiswa mengingat masih banyak mahasiswa yang tidak berpakaian sopan sehingga mengganggu nuansa religius yang di bangun. Solusi yang diambil (1) bagi mata kuliah AIK, adanya pengkalisifikasian kelas menjadi tiga kriteria untuk mempermudah pembinaan, dosen di dorong memberikan pembelajaran yang menarik bagi mahasiswa. (2) bagi JF, adanya kegiatan yang terbuka untuk seluruh mahasiswa agar dakwanya bisa menyentuh semuanya serta kader JF diharapkan menjadi contoh bagi mahasiswa pada umumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Apr 2016 03:16
Last Modified: 14 Apr 2016 03:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26642

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo