UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI PARTAI NASIONAL DEMOKRAT TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PARTAI NASIONAL DEMOKRAT (Studi Pada Masyarakat Dusun Geneng Desa Pacalan Kec. Plaosan Kab. Magetan)

RIZA, AFIF FAHROTU (2013) PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI PARTAI NASIONAL DEMOKRAT TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PARTAI NASIONAL DEMOKRAT (Studi Pada Masyarakat Dusun Geneng Desa Pacalan Kec. Plaosan Kab. Magetan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afiffahrot-31671-1-pendahul-n.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afiffahrot-31671-2-babi.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Partai Nasional Demokrat Terhadap Persepsi Masyarakat tentang partai Nasional Demokrat, diawali oleh ketertarikan peneliti terhadap tayangan iklan partai Nasional Demokrat yang hampir setiap hari muncul dibeberapa stasiun televisi swasta. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui ada tidaknya serta besarnya pengaruh terpaan iklan televisi partai Nasional Demokrat terhadap persepsi masyarakat. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh terpaan iklan partai NasDem terhadap persepsi masyarakat, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan iklan partai NasDem terhadap persepsi masyarakat tentang partai Nasional Demokrat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response). Teori ini menjelaskan tentang bagaimana pesan yang disampaikan kepada komunikan akan diterima dan kemudian dipahami. Dalam proses selanjutnya komunikan akan mengolah pesan dan terjadilah respon dari khalayak tersebut yang mana akan diubah pada tatanan sikap atau perilaku komunikan atau khalayak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan di Dusun Geneng Desa pacalan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan. Sampel pada penelitian ini adalah warga Dusun Geneng yang diambil dengan teknik simple random sampling sejumlah 69 orang. Sementara itu, untuk uji validitasnya menggunakan rumus korelasi product moment, uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach dan uji hipotesisnya menggunakan rumus uji F. Semua uji yang dilakukan dalam pengolahan data menggunakan SPSS versi 20.0 for windows operating system. Hasil penelitian ini terbukti adanya pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan partai Nasional Demokrat terhadap persepsi Masyarakat, dengan nilai Fhitung (55,309) > Ftabel (3,98). Adapun pengaruhnya sebesar 45,1%. Sehingga dapat dikatakan jika Iklan partai Nasional Demokrat menerpa warga Dusun Geneng secara terus menerus akan muncul peningkatan persepsi kearah positif pada masyarakat Dusun Geneng itu sendiri tentang partai NasDem.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Apr 2016 02:48
Last Modified: 14 Apr 2016 02:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26625

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo