UMM Institutional Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG TAYANGAN HIBURAN TELEVISI DALAM MEMBENTUK JATI DIRI ISLAMI (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah 2007 dan Opinion Leader Organisasi Muhammadiyah Kabupaten Malang)

Nurrahman, Ditya (2013) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG TAYANGAN HIBURAN TELEVISI DALAM MEMBENTUK JATI DIRI ISLAMI (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah 2007 dan Opinion Leader Organisasi Muhammadiyah Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dityanurra-32045-1-pendahul-n_3.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dityanurra-32045-2-bab1.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Dalam kotak televisi terdapat banyak macam tayangan hiburan yang di suguhkan bagi penontonnya. Jam tayang yang hampir 24 jam menjadikan perlombaan sendiri bagi stasiun televisi untuk menayangkan acara-acara terbaik di setiap jamnya. Mulai dari acara musik, sinetron, pemutaran film, talk show dan lain sebagaianya. Beragamnya tayangan hiburan televisi dan jumlah konsumsi masayarakat terhadap televisi juga akan dapat mempengaruhi persepsi masyarakat, terutama dalam pembentukan jati diri Islami penonton. Dalam penelitian kali ini bertujuan untuk mendapatkan penjelasan tentang persepsi masyarakat tentang kekuatan tayangan hiburan di televisi, dalam pembentukan jati diri Islami pada mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah 2007 serta opinion leader pada organisasi Muhammadiyah Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori efek kultivasi dan teori persepsi yang dimana sebelum di tanyakan tentang persepsi dari subjek penelitian, di tanyakan terlebih dahulu tentang pengetahuan subjek terhadap objek yang diteliti. Setelah mendapatkan jawaban tentang pengetahuan, maka peniliti meneruskan kepada sikap dan kesan penonton pada saat ataupun setelah menonton tayangan hiburan televisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan sumber data dengan cara purposive sampling, dimana menentukan sumber data karena subjek penelitian tersebut di anggap layak untuk di teliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan Focus Group Discussion. Hasil yang di dapatkan peneliti dari penelitian ini adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhamadiyah dapat di katakan melek media karena selalu memfilter pesan yang telah tersampaikan dari televisi. Dengan adanya penyaringan pesan, maka mahasiswa ataupun opinion leader tidak menerima pesan dari televisi secara mentah. Peneliti juga dapat mengetahui sejauh mana pengetahuan subjek penelitian tentang pengetahuan tayangan hiburan televisi, jati diri Islami, sikap dan kesan subjek penelitian pada saat menonton tayangan hiburan televisi. Setelah penelitian yang telah dilakukan, peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwasannya persepsi subjek penelitian beranggapan tayangan hiburan televisi memeliki kekuatan yang kecil dalam pembentukan jati diri Islami. Subjek penelitian beranggapan bahwasannya Televisi hanyalah media informasi, sehingga dalam pembentukan jati diri Islam sendiri juga tergantung bagaimana penonton menerima pesan yang tersampaikan dari televisi. Semakin tinggi tingkat pendidikan, akan semakin mempersempit konsumsi tayangan hiburan televisi, dan latar belakang audience juga berpengaruh terhadap pembentukan persepsi audience.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Apr 2016 02:30
Last Modified: 14 Apr 2016 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26614

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo