UMM Institutional Repository

PENGARUH JENIS NAUNGAN (SHELTER) YANG BERBEDA TERHADAP JUMLAH IKAN YANG BERNAUNG DAN SINTASAN FASE FINGERLING IKAN SIDAT (Anguilla spp)

YANI, AHMAD (2013) PENGARUH JENIS NAUNGAN (SHELTER) YANG BERBEDA TERHADAP JUMLAH IKAN YANG BERNAUNG DAN SINTASAN FASE FINGERLING IKAN SIDAT (Anguilla spp). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadyani0-32335-1-pendahul-n.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadyani0-32335-2-babi.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 15 sampai 30 November 2012 di Desa Mulyoagung Kecamatan Dau kabupaten Malang Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis naungan (shelter) fase fingerling yang berbeda terhadap jumlah ikan yang bernaung dan sintasan ikan sidat (Anguilla spp) dan untuk mengetahui jenis naungan (shelter) yang memberikan hasil terbaik utuk tingkah laku bernaung dan sintasan ikan sidat (Anguilla spp) pada fase fingerling. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah ikan sidat fase fingerling 120 ekor dan pelet sebagai pakan. Alat yang digunakan adalah kolam terpal yang berukuran 2 m x 1,5 m x 60 cm dengan ketinggian air 20 cm, shelter yang digunakan terdiri dari P1 (shelter batu karang), P2 (shelter paralon), P3 (shelter roster), P4 (shelter tanaman air) dengan masig-masing 3 ulangan, selang sipon, thermometer, pH meter, oksimeter, penggaris/meteran dan timbangan analitik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif dilakukan untuk menguji perbedaan jenis shelter yang berbeda terhadap jumlah ikan yang bernaung dan sintasan ikan sidat. Perlakuan pada penelitian ini menggunakan empat perlakuan, adapun jenis shelter yang digunakan pada penelitian ini adalah P1 shelter batu karang, P2 shelter paralon, P3 shelter roster, P4 shelter tanaman air. Tiap-tiap perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jenis shelter yang paling disukai untuk bernaung ikan sidat yaitu naungan (shelter) paralon dengan jumlah rata-rata ikan yang bernaung yaitu 13 ekor, kemudian P3 naungan (shelter) roster 12 ekor, P1 naungan (shelter) batu karang 7 ekor, dan P4 naungan (shelter) tanaman air 5 ekor. Dengan sintasan 100% pada penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, diketahui jenis naungan yang terbaik pada penelitian ini terdapat pada perlakuan P2 shelter paralon, kemudian P3 shelter roster, P1 shelter batu karang, dan P4 shelter tanaman air. Kualitas air selama masa pemeliharaan rata-rata suhu 25,2 ºC, DO 6,9 ppm, pH 7.0. Saran yang diberikan adalah Untuk mendapatkan tempat bernaung dan sintasan yang terbaik jenis naungan (shelter) yang digunakan adalah nungan (shelter) paralon dan roster.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Fishery / Aquaculture (54250)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Apr 2016 02:20
Last Modified: 14 Apr 2016 02:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26611

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo