UMM Institutional Repository

PENGARUH PENGUPASAN KULIT BIJI TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN BIBIT PADA BEBERAPA KULTIVAR MANGGA ( Mangifera indica L.)

AFRIAN, YUSWANTO (2013) PENGARUH PENGUPASAN KULIT BIJI TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN BIBIT PADA BEBERAPA KULTIVAR MANGGA ( Mangifera indica L.). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yuswantoaf-33358-1-pendahul-n.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yuswantoaf-33358-2-bab-1.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Perbanyakan tanaman mangga dengan menggunakan biji merupakan salah satu upaya dalam pelestarian. Untuk mempercepat perkecambahan perlu adanya perlakuan terhadap kulit biji. Salah satu alternatifnya adalah dengan dilakukannya skarifikasi atau mengupas kulit biji, mengikir kulit biji dengan kertas amplas tepat pada bagian titik tumbuh sampai terlihat bagian embrionya. Skarifikasi memungkinkan air masuk ke dalam benih untuk memulai berlangsungnya perkecambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengupasan dengan kultivar mangga yang terbaik adalah pengupasan kulit biji dengan kultivar Podang Urang, Kopyor, Garifta Gading, Kopek dan Pasir. Pengupasan kulit biji berpengaruh nyata pada parameter saat berkecambah dimana yang terbaik adalah kultivar Khastras, pada tinggi bibit 6 MST dan diameter batang 6 MST yang terbaik adalah kultivar Soho. Kultivar mangga berpengaruh nyata pada pertumbuhan bibit yang ditunjukkan pada tinggi bibit 6-11 MST dimana yang terbaik adalah kultivar Soho, jumlah daun pada 6-11 MST yang terbaik adalah kultivar Khastras, Saigon dan Thepala, kemudian pada diameter batang pada 6-10 MST yang terbaik adalah kultivar Soho, Kartikia, Khastras, Madu Lumut dan Saigon. Nilai variabilitas rata-rata menunjukkan nilai yang rendah pada karakter yang diamati, kecuali pada tinggi bibit 11 MST bernilai tertinggi. Nilai heritabilitas rata-rata menunjukkan nilai tinggi pada karakter yang diamati, kecuali pada saat berkecambah, jumlah embrio, jumlah embrio 11 MST, dan internoda daun 11 MST bernilai rendah sedangkan tipe embrio dan tinggi bibit bernilai sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agronomy (54211)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Apr 2016 02:06
Last Modified: 14 Apr 2016 02:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26606

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo