UMM Institutional Repository

MAKNA PESAN CINTA PADA FILM FIKSI (Analisis Semiotik Melalui Unsur Sinematik pada Film “RECTOVERSO”)

Saputra, Andrian Eka (2015) MAKNA PESAN CINTA PADA FILM FIKSI (Analisis Semiotik Melalui Unsur Sinematik pada Film “RECTOVERSO”). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andrianeka-38285-1-pendahul-n.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andrianeka-38285-2-babi.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Film merupakan media komunikasi massa yang bukan saja untuk hiburan, tetapi juga untuk penerangan dan pendidikan. Film umumnya dibangun dengan banyak tanda. Tanda-tanda itu termasuk sebagai system tanda yang bekerja sama dengan baik dalam mencapai efek yang diharapkan. Dalam film “RECTOVERSO” terdapat 5 cerita yang masing masing cerita itu memiliki pandangan berbeda mengenai gaya atau bentuk-bentuk dari cinta. Penyampaian pesan cinta yang terbilang unik tersaji dalam masing-masing cerita tersebut. Untuk menganalisis makna pesan cinta dalam film fiksi tersebut, peneliti menggunakan analisis semiotik model dari Charles Peirce. Analisis model Peirce tersebut memfokuskan pada tipe tanda, yaitu icon, indeks, dan symbol. Dari analisis tersebut akan didapatkan gambaran yang bersifat umum dan mencakup yang dipermasalahkan, setelah itu di interpretasikan guna mengetahui efek pertandaan yang tepat yaitu konsep yang dihasilkan oleh tanda.. Unsur sinematik digunakan untuk membantu peneliti memilih shot yang akan diteliti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah interpretatif. Penelitian ini difokuskan pada makna pesan cinta antara laki-laki dan perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa dalam film “RECTOVERSO” ini, pesan cinta yang disampaikan tidak berupa penyampaian melalui perkataan melainkan melalui tindakan yang berbeda-beda. Symbol-symbol makna cinta pada film ini dihadirkan dengan berbagai bentuk dan varian, mulai dari memberikan perhatian, pengertian, hasrat seksual, selalu ada saat dibutuhkan, hingga hanya mengagumi dari satu pihak. Tanda yang disuguhkan pada film ini menggambarkan bahwa cinta mempunyai komponen kognitif meliputi perhatian, mengidealisasikan pasangan atau hubungan, dan keinginan untuk mengetahui keadaan pasangannya. Komponen emosional meliputi ketertarikan seksual, sangat menginginkan adanya timbal-balik. Sedangkan komponen behavioral meliputi tindakan-tindakan untuk menentukan perasaan yang dirasakan oleh pelaku cinta, melayani dan menolong pasangannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:29
Last Modified: 13 Apr 2016 04:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26574

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo