UMM Institutional Repository

Pesan Persahabatan Dalam Film ( Studi Analisis Isi pada Film The Book Thief )

Saputri, Aninda Eka (2015) Pesan Persahabatan Dalam Film ( Studi Analisis Isi pada Film The Book Thief ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anindaekas-38287-1-pendahul-n.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anindaekas-38287-2-babi.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Film The Book Thief merupakan sebuah cerita yang berlatar belakang pada kehidupan Perang Dunia I. Dari latar belakang film ini, tersaji secara implisit yang menggambarkan adanya pesan persahabatan antara seorang Jerman dengan seorang Yahudi. Maka dari itu fenomena konflik yang terjadi menarik untuk diteliti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar prosentase kemunculan pesan persahabatan dalam setiap scene pada film The Book Thief.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiseberapa besar prosentase kemunculan pesan persahabatan dalam film The Book Thief. Film ini merupakan film Historical Fiction yang mengisahkan tentang seorang anak Jerman yang bersahabat dengan seorang Yahudi. Mereka sangat menyadari resiko besar yang akan di tanggung jika persahabatan mereka diketahui masyarakat.Di sutradarai oleh Brian Pervical dan film ini di adopsi dari buku dengan judul yang sama, ditulis oleh Markus Zusak. Dan pendistribusiannya di Amerika pada 8 November 2013. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah analisis isi. Penelitian yang menggunakan analisis isi, hasil-hasilnya sangat bergantung pada kategori-kategorinya. Adapun kategori dalam penelitian ini adalah: 1. Kategori Kebersamaan, 2. Kategori Stimulasi, 3. Kategori Dukungan Fisik, 4. Kategori Perhatian. Unit analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis scene dalam film The Book Thief. Satuan ukurnya adalah frekuensi kemunculan pesan persahabatan yang terdapat dalam scene di film”The BookThief” melalui dialog dan adegan tokoh dalam film. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa distribusi frekuensi yang merupakan teknik analisa untuk mengetahui frekuensi kemunculan masing-masing kategori.Setelah dilakukan pengkodingan data maka dapat diketahui bahwa terdapat 19 scene dari 128 scene atau atau 14,84% dari 100% scene film “The Book Thief” yang mengandung pesan persahabatan. Dari 14,84% pesan persahabatan yang terdapat dalam film, kategori kebersamaan diketahui sebanyak 5 scene atau 3,92%, kategori stimulasi diketahui sebanyak 4 scene atau 3,12%, kategori dukungan fisik diketahui sebanyak 6 scene atau 4,68%, dan kategori perhatian diketahui sebanyak 4 scene atau 3,12%. Dari hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa didalam film “The Book Thief” ini terdapat pesan persahabatan. Faktanya dari hasil penelitian terdapat 19 scene atau14,84% yang mengandung pesan persahabatan dalam seluruh scene yang ada didalamnya. Hasil coefisienreliability antara peneliti dengan koder 1 adalah 0,76 dan antara peneliti dengan koder 2 adalah 0,82. Hasil ini dinyatakan reliabel karena mencapai tingkat kesepakatan.Diharapkanuntukpenelitiansejenisselanjutnyabisamengumpulkanreferensi yang lebihlagi agar bisamenjawabpermasalahanpesan persahabatanlebihmendalam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:20
Last Modified: 13 Apr 2016 04:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26568

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo