UMM Institutional Repository

TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA KOMISI PENYIARAN INDONESIA (KPI) DALAM MENGONTROL PROGRAM TV (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM Angkatan 2010)

SUNDARI, EMI (2015) TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA KOMISI PENYIARAN INDONESIA (KPI) DALAM MENGONTROL PROGRAM TV (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM Angkatan 2010). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-emisundari-38292-1-pendahul-n.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-emisundari-38292-2-babi.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Komisi Penyiaran Indonesia merupakan sebuah lembaga independen yang berfungsi sebagai regulator penyelenggaraan penyiaran di Indonesia. Namun akhir-akhir ini kinerja KPI dinilai kontra produktif atau tidak menghasilkan karena KPI yang seharusnya disegani, ditakuti dan dipatuhi sesuai dengan aturannya malah terkesan diabaikan. Oleh karena inilah peneliti ingin menganalisis tanggapan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi terhadap kinerja KPI dalam mengontrol program TV. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Benyamin S. Bloom yaitu suatu metode pengklafikasian tujuan pendidikan yang disebut taxonomy (pengelompokan) yang senantiasa mengacu kepada tiga jenis domain (daerah binaan, ranah atau aspek) yang melekat pada diri peserta didik yaitu : (1) Ranah proses berfikir (cognitife domain), (2) Ranah nilai atau sikap (affektife domain) dan (3) Ranah keterampilan atau kemampuan bertindak (psychomotor domain). Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan menganalisa tanggapan mahasiswa terhadap kinerja KPI dalam mengontrol program TV. subyek penelitian ini adalah mahasiswa ilmu komunikasi UMM angkatan 2010 yang dipilih untuk dijadikan subjek atau narasumber berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Fokus dalam penelitian ini adalah mengetahui pandangan dan pemahaman mahasiswa tentang KPI, mengetahui sejauh mana mahasiswa mengikuti perkembangan program siaran televisi serta bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap kinerja KPI dalam tugasnya mengontrol program TV. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tentang KPI dinilai cukup baik karena dapat menguraikan makna, peran, tugas, fungsi dan sanksi KPI serta dapat memberikan contoh tayangan yang melanggar aturan. Namun pemahaman mahasiswa tentang Standart Program Siaran (SPS) dan Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dinilai kurang baik karena dirasa kurang menguasai tentang Undang-Undang yang mengatur kedua hal tersebut. Sikap dan penilaian mahasiswa terhadap kinerja KPI dinilai sangat baik, karena mahasiswa dapat berfikir kritis dalam menyikapi kinerja KPI yang mayoritas dianggap kurang tegas, serta sikap mahasiswa yang mendukung kualitas tayangan televisi saat ini karena dinilai baik dan sudah mengalami perkembangan. Kemampuan bertindak mahasiswa dalam memberikan saran, masukan dan juga solusi bagi perkembangan kinerja KPI sangat baik dan imajinatif, karena dapat memberikan dan menguraikan masukan yang positif terhadap langkah perbaikan kinerja KPI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:00
Last Modified: 13 Apr 2016 04:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26553

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo