UMM Institutional Repository

PENERIMAAN PENGUNJUNG BLOG DIAN PELANGI TENTANG FASHION HIJABERS SEBAGAI IDENTITAS DIRI MUSLIMAH (Studi Resepsi pada Pengunjung Blog Dian Pelangi)

Affandi, Silfin Nisa (2015) PENERIMAAN PENGUNJUNG BLOG DIAN PELANGI TENTANG FASHION HIJABERS SEBAGAI IDENTITAS DIRI MUSLIMAH (Studi Resepsi pada Pengunjung Blog Dian Pelangi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-silfinnisa-38299-1-pendahul-n.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-silfinnisa-38299-2-babi.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Peran media sosial sangat membantu dalam memperkenalkan dan menginformasikan segala bentuk kegiatan yang dilakukan Dian Pelangi tentang hijab modernnya kepada masyarakat. Melalui blog-nya (blog.dianpelangi.com) yang diberi nama “Brain, Beauty and Belief” Dian Pelangi mengekspresikan segala sesuatu tentang gaya fashion-nya dengan konsistensi konsep dirinya yaitu rainbow. Gaya fashion yang ia terapkan tersebut mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia serta mampu menginspirasi banyak orang dalam hal fashion, terutama bagi wanita muslimah.Sebagai sebuah teks, fashion hijabers tersebut dimaknai berbeda-beda oleh audiens. Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana penerimaan pengunjung aktif blog Dian Pelangi tentang fashion hijabers. Penelitian ini menggunakan Studi resepsi. Studi resepsi merupakan studi untuk menemukan atribusi dan konstruksi makna (berasal dari media) dengan penerima. Karena pesan media selalu terbuka dan polisemi memiliki banyak makna potensial yang ditafsirkan sesuai dengan konteks dan budaya penerima. Berkaitan dengan penerimaan atau pemaknaan pesan media oleh audiens. Stuart Hall mengelompokkan tiga bentuk pembacaan/hubungan antara penulis dan audiens dan bagaimana pesan itu dibaca oleh keduanya, yaitu posisi audiens dominan, posisi audiens negosiasi dan posisi audiens oposisi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dimana data yang digunakan merupakan data kualitatif (data yang tidak terdiri dari angka-angka) melainkan berupa kata-kata dari subjek penelitian. Penelitian ini mengembangkan pertanyaan-pertanyaan kepada subjek penelitian melalui wawancara kepada tujuh informan yang telah dipilih peniliti, yakni pengunjung blog wanita berhijab yang aktif atau pernah aktif mengunjungi blog Dian Pelangi, yang kemudian dilakukan analisis dengan apa yang telah diungkapkan oleh masing-masing subjek penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan tiga kategori audiens dalam memaknai fahion hijabers dalam blog Dian Pelangi. Pertama, audiens dengan kategori oposisi (Oppositional Code Position), Dalam posisi ini, subjek penelitian menandakan secara berbeda atau berseberangan dengan apa yang ingin disampaikan oleh penulis (pengirim pesan). Mereka yang termasuk dalam posisi ini kebanyakan tidak setuju atau menolak tren fashion hijabers. Subjek penelitian menilai fashion hijabers dalam blog Dian Pelangi belum mencerminkan identitas diri muslimah yang baik, terkesan berlebihan dan tidak sesuai dengan kepribadian mereka terutama syariat islam. Sedangkan yang kedua, audiens dengan kategori negosiasi (Negotiated Code Position). Dalam posisi ini, subjek penelitian menggunakan kepercayaan dan keyakinannya untuk dikompromikan dengan kode yang disediakan oleh penulis. Mereka menerima bahwa fashion hijabers sudah mencerminkan identitas dir muslimah, namun mereka memberi catatan bahwa ada beberapa fashion hijabers Dian yang berlebihan sehingga terkesan kurang syar’i. Dan yang terakhir adalah posisi audiens dominan (dominant hegemonic position). Dalam posisi ini kode-kode yang disampaikan oleh penulis dapat diterima atau terjadi kesusaian oleh subjek penelitian. Dalam posisi ini subjek penelitian kebanyakan menerima atau setuju bahwa fashion hijabers dalam blog Dian Pelangi sudah mencerminkan identitas diri muslimah. Mereka berpendapat bahwa muslimah tetap harus fashionable atau tetap cantik dengan berhijab. Maka dapat diartikan disini, seluruh subjek penelitian merupakan audiens yang aktif. Dengan kata lain mereka tidak hanya berperan sebagai konsumen, tetapi juga produsen yang turut aktif menciptakan makna dari sebuah media. Karena mereka secara aktif melakukan interpretasi makna yang terdapat didalam blog fashion hijabers Dian Pelangi berdasarkan konteks dan budaya mereka masing-masing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Apr 2016 03:29
Last Modified: 13 Apr 2016 03:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26537

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo