UMM Institutional Repository

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TENTANG KERUSUHAN POLITIK DI UKRAINA PADA MEDIA ONLINE

Nata, Tio Dwi (2015) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TENTANG KERUSUHAN POLITIK DI UKRAINA PADA MEDIA ONLINE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tiodwinata-38301-1-pendahul-n.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tiodwinata-38301-2-babi.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Maraknya pemberitaan kerusuhan politik di dunia, khususnya di Ukraina akan membuat Headline pada berbagai media salah satunya media online Detik.com dan Liputan6.com. Penelitian ini berupaya untuk menjelaskan bagaimana media melakukan pembingkaian (Framing) suatu fakta yang dikemas dalam bentuk berita. Bagaimana media menyajikan suatu berita dengan baik dan benar tanpa harus mengurangi atau menambah sebuah informasi yang berlandaskan fakta. Yang menjadi fokus penelitian ini adalah analisis framing pada dua media online, yaitu media online Detik.com dan Liputan6.com yang memberitakan tentang kerusuhan politik di Ukraina. Dimana konflik ini melibatkan negara tetangga Ukraina, yaitu Rusia. Kedua media online ini merupakan institusi pers yang ikut andil dalam perkembangan berita dalam bentuk media online. Penelitian ini menggunakan analisis framing model Zhongdhang Pan dan Gerald M. Kosicki dimana dalam penelitiannya menggunakan empat struktur analisis framing, yaitu Sintaksis, Skrip, Tematik dan Retoris. Disini akan terlihat bagaimana kedua media online tersebut mengkonstruksi sebuah fakta, bagaimana skema berita terlihat baik, penulisan tiap paragraf juga akan terlihat apakah isi berita saling berkesinambungan atau tidak, majas- majas dalam penulisan fakta terlihat atau tidak. Hasil analisis framing pada teks berita kedua media online tersebut ditemukan beberapa perbedaan dalam membingkai suatu fakta tentang kerusuhan politik di Ukraina. Perbedaan pembingkaian ini dapat mempengaruhi bagaimana khalayak mencerna suatu berita yang diterimanya. Pada media online Detik.com terlihat jelas bahwa sering kali melupakan unsur 5W+1H yang berimbas pada kurangnya detail informasi yang diberitakan, sehingga merubah pandangan khalayak dalam mencerna berita tentang kerusuhan politik di Ukraina ini. Sedangkan dalam Liputan6.com sangat berhati- hati dalam membingkai suatu fakta. Terlihat pada bagaimana Liputan6.com sangat memperhatikan unsur 5W+1H dan detail informasi yang sangat lengkap karena diikuti dengan informasi pendukung lainnya tentang Ukraina. Berbeda dengan Liputan6.com, Detik.com lebih terkesan tergesa- gesa dalam merilis suatu berita. Sebagai media massa yang besar tentu harus memiliki kualitas berita yang sangat baik pula, sehingga dapat memberikan informasi yang edukatif bagi pembaca. Karena berita yang baik adalah berita yang memenuhi syarat utama 5W+1H. Berita yang ditulis harus sesuai fakta dan sumber- sumber lainnya tanpa harus menambah ataupun menguranginya. Unsur- unsur yang terkandung dalam berita dapat mempengaruhi persepsi pembaca terhadap berita tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Apr 2016 03:22
Last Modified: 13 Apr 2016 03:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26531

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo