UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI LEMBAR KERJA SISWA DI SEKOLAH LUAR BIASA ISLAM YASINDO TUMPANG KABUPATEN MALANG

KOMARIYATI, DWI (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI LEMBAR KERJA SISWA DI SEKOLAH LUAR BIASA ISLAM YASINDO TUMPANG KABUPATEN MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwikomariy-39857-2-babi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwikomariy-39857-1-cover.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang pembelajaran matematika bagi anak tunagrahita melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) di Sekolah Luar Biasa Islam YASINDO Tumpang kabupaten Malang. Siswa di sekolah umum dalam mengerjakan LKS selalu bersama-sama sesuai dengan tugas yang diberikan guru. Tetapi anak tunagrahita tidak bisa mengerjakan LKS secara bersama-sama, karena tingkat ketunaan mereka berbeda-beda. Dalam penelitian ini, jenis penelitan yang digunakan adalah kualitatif karena memenuhi ciri-ciri penelitian kualitatif. Teknik dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis induktif deskriptif yang penerapannya dilakukan melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1). Dalam merencanakan pembelajaran matematika di Sekolah Luar Biasa Islam Yasindo Tumpang, disamping disusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus, juga disusun Lembar Kerja Siswa (LKS), yang digunakan untuk memperdalam pemahaman siswa tentang operasi hitung. 2). LKS yang digunakan berisi soal-soal tentang operasi hitung pada bilangan cacah. LKS tersebut dikerjakan di sekolah dengan bimbingan guru dan di rumah dengan bimbingan orang tua. Pengerjaan LKS tersebut dilakukan secara individu tanpa tergantung anak lain, sehingga anak bisa belajar sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pembelajaran matematika bagi anak tunagrahita melalui Lembar Kerja Siswa tersebut dapat meningkatkan pemahaman operasi hitung, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika mereka. 3). Guru mengevaluasi hasil belajar siswa tunagrahita dengan memberi soal tentang operasi hitung pada setiap awal pembelajaran matematika. Soal yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan anak dalam mengerjakan LKS. Setiap pertemuan selalu ada peningkatan pemahaman siswa tentang operasi hitung.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Apr 2016 03:19
Last Modified: 13 Apr 2016 03:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26530

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo