UMM Institutional Repository

Manajemen Public Relations Pada Aktivitas Community Relations di Perusahaan Tambang Batubara (Studi Pada Public Relations di PT. Adaro Indonesia)

Erlistyarini, Yulinda (2015) Manajemen Public Relations Pada Aktivitas Community Relations di Perusahaan Tambang Batubara (Studi Pada Public Relations di PT. Adaro Indonesia). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yulindaerl-38302-1-pendahul-n.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yulindaerl-38302-2-babi.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang didasari oleh bagaimana manajemen yang dilakukan public relations di setiap organisasi perusahaan, salah satunya dalam melakukan kegiatan Community Relations yang ada di PT. Adaro Indonesia sebagai perusahaan tambang batubara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen yang ada dalam public relations pada aktivitas community relations PT. Adaro Indonesia. Seperti menurut Cutlip-Center yang menjelaskan ada empat proses manajemen utama Public Relations yang mendeskripsikan sebagian besar praktik mereka. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana informasi atau data yang dikumpulkan serta dideskripsikan berdasakan ungkapan atau pernyataan para informan yang sebelumnya telah ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Alasan peneliti memilih menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif adalah untuk mengetahui data-data dengan memahami fenomena penelitian sebelumnya dan yang dialami oleh para informan, dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana peran public relations pada aktivitas community relation di PT. Adaro Indonesia. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan triangulasi sumber dimana setelah peneliti melakukan wawancara dengan salah satu informan maka peneliti juga melakukan wawancara dengan informan lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwasanya praktisi public relations sudah melakukan tahapan dan proses kerja public relations dengan baik seperti riset (penemuan masalah) yang mana dalam hal ini dilakukan oleh Community Relations Superintendent dibantu juga oleh Community Relations Supervisor sesuai section masing-masing. Perencanaan program yang dilakukan oleh Community Relations Department dibuat dalam perencanaan jangka panjang dan dilakukan setiap bulan November. Dalam implementasi aksi dan komunikasi, para praktisi public relations yang ada di Community Relations Department ikut terlibat tidak terkecuali mengajak serta department lain dalam pelaksanaannya. Evaluasi sendiri dilakukan dibahas pada saat meeting, yaitu mengetahui sejauh mana progress dari persiapan pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat, untuk mengetahui sejauh mana dampak dari kegiatan tersebut dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Apr 2016 03:18
Last Modified: 13 Apr 2016 03:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26528

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo