UMM Institutional Repository

KECENDERUNGAN ISI BERITA PENCALONAN JOKO WIDODO SEBAGAI CALON PRESIDEN (Analisis Isi pada Portal Berita di Kompas.com dan Tribunnews.com periode 13 Maret 2014 sampai dengan 9 April 2014)

Patricia, Cindy (2015) KECENDERUNGAN ISI BERITA PENCALONAN JOKO WIDODO SEBAGAI CALON PRESIDEN (Analisis Isi pada Portal Berita di Kompas.com dan Tribunnews.com periode 13 Maret 2014 sampai dengan 9 April 2014). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-cindypatri-38679-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-cindypatri-38679-2-bab1.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Pemilihan Presiden secara langsung oleh rakyat salah satu bukti Indonesia telah menerapkan demokrasi, pada tahun 2014 pemilihan presiden dilaksanakan 9 juni 2014, media massa sebagai salah satu wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi perkembangan tentang kegiatan politik ini, karena media massa atau pers merupakan pilar keempat bagi demokrasi dan mempunyai peranan penting dalam membangun kepercayaan, kredibilitas, bahkan legitimasi pemerintah. Kompas.com dan Tribunnews.com menggunakan Portal beritanya untuk penginformasikan pesan yang telah di perolehnya. Portal berita adalah salah satu jenis dari media siber, merupakan salah satu penyaluran pesan lewat media massa melalui internet sifatnya luas, terkini dan komunikasi dua arah. Kesuksesan kegiatan politik ini sangat dipengaruhi oleh keikut sertaan masyarakat Indonesia dalam pemilihan Presidennya. Dengan adanya pemberitaan sosok serta track record kinerja Joko Widodo yang baik membuat elektabilitas Joko Widodo meningkat dari hasil berbagai lembaga survei, membuat masyarakat berpihak pada sosok Joko Widodo. Didalam menuliskan sebuah berita yang disampaikan ke masyarakat tidak hanya berita murni melainkan rekonstruksi dari seorang wartawan. Pada dasarnya media massa haruslah tidak memihak manapun sebab media massa memiliki fungsi yang harus di terapkan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apa kecenderungan pemberitaan pencalonan presiden Joko Widodo dan berapa persentase kecenderungannya dalam portal berita Kompas.com dan Tribunnews.com. Berkaitan dengan penelitian ini, peneliti menggunakan teori Tanggung Jawab Sosisal yang dikemukakan oleh hutchins commission dalam buku Jhon, Vivian (2008), dalam teori ini menjelaskan bahwa kebebasan media dalam menyajikan berita diatasi dengan faktor kewajiban terhadap masyarakat. Media massa akan terus menyebar luaskan sebuah pesan, maka dari itu pesan yang di sebar luaskan harus berisikan informasi yang bersifat mencerdaskan bangsa dan media massa bukan hanya menyajikan berita yang diinginkan masyarakat akan tetapi menyajikan data yang dibutuhkan serta di perlukan oleh masyarakat. Pada peneitian ini, peneliti menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif dan type deskriptif. Ruang lingkup dari penelitian ini adalah seluruh pemberitaan pencalonan Joko Widodo sebagai Presiden dalam portal berita Kompas.com dan Tribunnews.com periode 13 Maret 2014 sampai dengan 9 April 2014, unit analisisnya adalah 124 paragraf. Peneliti dibantu oleh dua orang coder yaitu Yogie Prasetyo Adi jurusan Imu Komunikasi, UMM 2010 dan Trisih Handayani jurusan Ilmu Komunikasin, UMM 2010. Hasil dari penelitian menunjkan Pertama, portal berita Kompas.com dan Tribunnews.com menunjukan pemberitaan mengenai sosokbdari Joko Widodo paling dominan dalam kemunculan beritanya. Kedua, portal berita Kompas.com dan Tribunnews.com menunjukan kecenderungan positif dalam pemberitannya tentang pencalonan Joko Widodo sebagai Presiden. Ketiga, persentase kecenderungan positif terhadap berita pencalonan Joko Widodo sebesar 49 %. Keempat, Kompas.com dan Tribunnes.com tidak bersifat netral, adanya keberpihakan pihak Kompas.com dan Tribunnew.com terhadap Joko Widodo. Media terbukti mempengaruhi dan menentukan keberpihakan masyarakat terhadap Joko Widodo, sebab banyaknya lembaga survei yang dipublikasikan oleh Kompas.com dan Tribunnews.com yang hasil surveinya yang menyatakan elektabilitas Joko Widodo tinggi sebagai Presiden, Teori tanggung jawab sosial dalam penelitian ini juga telah di terapkan oleh kompas.com dan tribunnews.com karena telah melakukan pemberitaan yang dibutuhkan masyarakat tentang perkembangan dari Joko Widodo dalam pencapresanannya, hanya saja hakikatnya media massa sebagai wadah penyedia informasi yang netral bagi masyarakat tidak dilaksanakan degan maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Apr 2016 02:53
Last Modified: 13 Apr 2016 02:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26513

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo