UMM Institutional Repository

UPAYA PENGEMBANGAN AKTIVITAS KEAGAMAAN ANAK PADA KELOMPOK BERMAIN NURUL ROHMAH PAKIS KABUPATEN MALANG

Astuti, Kennyo Kusuma (2015) UPAYA PENGEMBANGAN AKTIVITAS KEAGAMAAN ANAK PADA KELOMPOK BERMAIN NURUL ROHMAH PAKIS KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kennyokusu-38129-2-babi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kennyokusu-38129-1-pendahul-n.pdf

Download (867kB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama harus diberikan sejak kecil atau ketika masa kanak-kanak, karena masa kanak-kanak sebagai salah satu tahap yang dilalui manusia sebelum menjadi dewasa memiliki potensi yang sangat penting dalam pembentukan pola kepribadian seseorang. Selain itu pendidikan yang diberikan pada masa kanak-kanak memiliki pengaruh yang sangat besar sebab pendidikan tersebut cenderung akan terbawa terus dalam proses kehidupan anak selanjutnya. Karena itu pemberian pendidikan agama harus dimulai sejak masa itu. Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana upaya pengembangan aktivitas keagamaan Anak pada Kelompok Bermain Nurul Rohmah?, (2) Apa kendala dan solusi dalam mengembangkan aktivitas keagamaan anak pada Kelompok Bermain Nurul Rohmah ?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya pengembangan aktivitas keagamaan anak pada Kelompok Bermain Nurul Rohmah, (2) Untuk mendeskripsikan kendala dan solusi pengembangan aktivitas keagamaan anak pada Kelompok Bermain Nurul Rohmah.Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif, dimana data-data yang dihasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau prilaku yang dapat diamati. Untuk pengumpulan data dalam skripsi ini digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penulis : (1) Dalam mengembangkan aktivitas keagamaan anak pada Kelompok Bermain Nurul Rohmah ini banyak sekali upaya-upaya yang dilakukan antara lain: memberikan jadwal pemberian materi agama dan selalu menyisipkan pesan-pesan keagamaan dalam setiap kali kegiatan belajar mengajar berlangsung, Memberikan jadwal materi yang bervariasi, Selalu membiasakan anak untuk membaca doa ketika akan melakukan kegiatan, belajar doa-doa sehari-hari dan belajar surat-surat pendek, mengadakan peringatan hari- hari besar Islam, dan melakukan evaluasi atau penilaian untuk mengetahui perkembangan yang terjadi pada anak. Dari upaya-upaya yang dilakukan Kelompok Bermain Nurul Rohmah ini anak didik telah banyak mengalami kemajuan dalam perkembangan keagamaannya antara lain: anak mulai mengenal dan hafal surat-surat pendek dan doa-doa kegiatan sehari-hari, bisa mengaplikasikan hasil belajarnya di kelompok bermain ketika di rumah, dan memperoleh banyak pengetahuan tentang agama di kelompok bermain, (2) kendala dan solusinya dalam keagamaan anak antara lain ada dari pihak pendidik, keluarga, teman sebaya, dan juga dari masyarkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Apr 2016 02:29
Last Modified: 13 Apr 2016 02:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26501

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo