UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH DI KELOMPOK BERMAIN AS-SAKINAH I DAU MALA

INDRAWATI, HENY (2015) PENGGUNAAN MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH DI KELOMPOK BERMAIN AS-SAKINAH I DAU MALA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-henyindraw-38132-2-babi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-henyindraw-38132-1-pendahul-n.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang sangat penting bagi anak, karena Pendidikan Agama Islam merupakan tuntunan agar anak dalam menghadapi kehidupan di dunia ini mempunyai pegangan sumber hukum yang kuat. Mengenal huruf Hijaiyah adalah salah satu cara untuk anak yang nantinya bisa membaca al-Quran dengan baik dan benar sebab al-Quran adalah sumber hukum bagi umat manusia. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pembelajaran huruf Hijaiyah dengan menggunakan media kartu pada materi huruf Hijaiyah di kelompok bermain As-Sakinah I Dau. Selain itu adalah untuk mendiskripsikan hasil belajar siswa kelompok bermain As-Sakinah I Dau melalui pembelajaran dengan menggunakan media kartu pada materi huruf Hijaiyah. Penelitian ini dilakukan di kelompok bermain As-Sakinah I Dau Malang dengan informan Kepala Sekolah dan Guru kelompok bermain As-sakinah I Dau beserta anak-anak kelompok bermain As-Sakinah I Dau yang berusia 3-4 th terdiri dari 18 anak yaitu 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif, dengan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Dari analisis data yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pembelajaran huruf Hijiyah dengan media kartu ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal macam-macam huruf Hijaiyah dan melafalkan huruf hijaiyah dengan baik serta mampu menempel huruf hijaiyah secara urut di papan flannel. Adapun hasil tersebut melalui proses pembelajaran yaitu seluruh anak didik diperkenalkan huruf-huruf Hijaiyah melalui media kartu, kemudian satu persatu anak-anak tersebut diajak membaca dan menempel huruf Hijaiyah tersebut hal ini dilakukan berulang-ulang sampai anak menghafal huruf Hijaiyah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Apr 2016 02:25
Last Modified: 13 Apr 2016 02:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26496

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo