UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 04 MOJOKERTO

FITRIYAH, IFTITAH NURUL (2015) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 04 MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-iftitahnur-38133-2-babi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-iftitahnur-38133-1-pendahul-n.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan siswa yang muncul dalam proses pembelajaran PAI, yakni sebagian besar siswa yang jenuh ketika pembelajaran berlangsung. Apalagi siswa yang berlatar belakang sekolah swasta. Mereka enggan mendengarkan penjelasan karena sudah terlalu bosan dengan metode ceramah dan demonstrasi. Rupanya memang kurangnya pemahaman metode oleh pendidik itu sendiri yang menjadi akar permasalahannya. Penggunaan penggunaan metode usang akan berindikasi pada kejenuhan bahkan suasana kelas yang tidak kondusif. Maka perlu adanya metode yang tepat untuk menciptakan proses pembelajaran menjadi berwarna dan tepat sasaran. Tentunya sudah disesuaikan dengan materi pembelajarannya. Adanya kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk memahami materi dari berbagai aspek, maka adanya metode pembelajaran baru yakni problem based learning, di mana metode pembelajaran ini akan menjadikan siswa lebih aktif dan membangun pola pikir dengan mendengar pendapatnya dalam memecahkan masalah yang disediakan pendidik. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja materi PAI yang tepat jika diterapkan dengan metode PBL? Bagaimana proses tahapan-tahapan PBL? Dan apa saja faktor pendukung dan kendala metode PBL saat berlangsung pada ruang kelas? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana tahapan-tahapan metode PBL sehingga proses pembelajaran PAI berlangsung secara efektif dan kondusif di kelas VII Sekolah Pertama Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 04 Mojokerto. Pemilihan kelas VII di SMP Muhammadiyah 04 Mojokerto ini berdasarkan pada analisis pembelajaran yang muncul. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi pada kelas VII, wawancara dengan guru mapel PAI serta mempraktikkan tahapan-tahapan PBL pada materi PAI sehingga dapat dipaparkan hasil dari penerapannya serta mengetahui apa faktor pendukung dan kendala dalam prosesnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Apr 2016 02:23
Last Modified: 13 Apr 2016 02:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26495

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo