UMM Institutional Repository

KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

ZIAURROHMAH, KHOLIDA (2015) KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kholidazia-38136-2-babi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kholidazia-38136-1-2.cover-l.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang konsep kurikulum pendidikan Islam dalam perspektif Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Dan menganalisis relevansinya terhadap pendidikan Islam di Indonesia saat ini. Penelitian ini mengungkap jawaban dari pertanyaan tentang kurikulum pendidikan Islam yang digagas oleh Syed Naquib Al-Attas. Dan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi pendidikan Islam terutama pada aspek kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian berupa gagasan atau ide yang diambil dari beberapa buku karya Muhammad Naquib al-Attas tentang pendidikan Islam, terkhusus membahas terkait kurikulum pendidikan Islam, sehingga penelitian ini termasuk jenis penelitian studi pustaka (library research). Pengumpulan data yang dilakukan melalui dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan diskriptif analisis kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Konsep kurikulum pendidikan Islam dalam prespektif Syed Muhammad Naquib Al-Attas adalah pola pembaharuan pendidikan Islam yang mencakup kurikulum pendidikan Islam yang terformulasi pada tujuan membentuk individu manusia yang baik (al-Insan al-Kamil) dan terpadu dalam ilmu-ilmu fardhu ain dan ilmu-ilmu fardhu kifayah pada jenjang universitas sebagai bentuk sistem pendidikan yang paling tinggi dan baik untuk pengembangan ilmu pengetahuan. 2) Relevansi kurikulum pendidikan Al-Attas dengan pendidikan Islam di Indonesia saat ini adalah dual hal yang sangat tidak relevan dengan kondisi pendidikan Islam di Indonesia sehingga gagasan konsep kurikulum pendidikan Naquib Al-Attas bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh dunia pendidikan Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Apr 2016 02:16
Last Modified: 13 Apr 2016 02:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26488

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo