UMM Institutional Repository

REPRESENTASI SEORANG IBU DALAM IKLAN POLITIK (Analisis Semiotik pada Iklan PDIP versi ‘Nasehat Ibu’)

Farista, Hilda (2015) REPRESENTASI SEORANG IBU DALAM IKLAN POLITIK (Analisis Semiotik pada Iklan PDIP versi ‘Nasehat Ibu’). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hildafaris-38686-1-pendahul-n.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hildafaris-38686-2-babi.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Televisi adalah salah satu media massa yang saat ini paling popular ditengah masyarakat dan memiliki pengaruh yang besar dibandingkan media massa lainnya karena mampu memberikan gambar gerak dan audio. Televisi telah lama menjadi bagian hidup yang menyatu dengan kehidupan sehari-hari bagi individu, keluarga, dan masyarakat.Secara perlahan namun pasti, Televisi mulai bergeser prananan keluarga dan masyarakat, terutama dalam membidik anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna apa saja yang terdapat pada iklan politik partai PDIP versi ‘Nasehat Ibu’ terkait representasi seorang ibu dalam iklan politik. Tentu ada maksud-maksud tersembunyi yang ingin disampaikan oleh pembuat iklan untuk mempengaruhi pola pikir masyarakat. Terkait representasi seorang ibu didalam iklan politik yang terdapat pada iklan versi ‘Nasehat Ibu’dari PDIP ini, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis semiotik Roland Barthes. Analisis semiotik dipilih karena melalui analisis ini peneliti dapat mengetahui makna-makna yang tersembunyi dibalik tanda-tanda yang terdapat didalam iklan politik partai PDIP. Dalam hal ini makna tersembunyi yang dimaksud adalah makna apa saja yang terdapat dalam setiap gambar yang disajikan, serta dalam tanda atau mitos yang disampaikan dalam iklan ini. Hasil penelitian yang didapat dari analisis yang dilakukan oleh peneliti terhadap representasi seorang ibu dalam iklan politik yang terdapat pada partai PDIP ini banyak ditemukan tanda-tanda tersembunyi yang memiliki makna dan pesan yang ingin disampaikan untuk mempengaruhi pola pikir masyarakat. Penggunaan benda-benda dan pemilihan bahasa dalam iklan ini juga bertujuan untuk memperkuat dan membuat iklan ini lebih dekat dengan masyarkat. Dalam iklan ini gambar-gambar dan kalimat yang digunakan baik secara langsung maupun tidak dan terlihat jelas ataupun tersembunyi kerap dikaitkan dengan sebuah mitos dalam masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan yang belum banyak mengenal dunia luar dan kemajuan teknologi. Dan dapat disimpulkan, pertama pesan yang ingin disampaikan dalam iklan ini bahwa sosok seorang ibu juga dapat berperan sebagai seorang ayah yang berperan penting ditengah-tengah keluarga bertujuan untuk melindungi, menjaga, dan membina anak-anaknya untuk mengerti norma-norma yang berlaku ditengah masyarakat dan mematahkan mitos bahwa seorang ibu yang umumnya hanya bertugas didapur saja. Kedua, karakter dan sifat yang berbeda dari setiap seorang ibu tentunya tak lepas dari latar belakang pendidikan, pekerjaan, status sosial dan budaya dari setiap daerahnya. Dalam iklan ini sosok seorang ibu sangat menonjol dalam setiap gambarnya, hal ini juga berkaitan dengan sosok Megawati yang sangat berperan dalam membina kader-kader partai dan mengambil kebijakan-kebijakan. Megawati adalah sosok penting dalam Partai PDIP, dalam perjalanan politik, seorang Megawati tentunya sudah melewati banyak lika-liku politik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Apr 2016 02:14
Last Modified: 13 Apr 2016 02:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26486

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo