UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AL-ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH I MALANG

YUSUF, ANAS (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AL-ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH I MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anasyusufn-36904-1-coversk-a.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anasyusufn-36904-2-skripsi-i.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Al-Islam di SD Muhammadiyah 1 Kota Malang; Anas Yusuf; NIM 201010010322049; Jurusan Tarbiyah FAI UMM. Kata Kunci :Pendidikan Karakter, Pembelajaran Al-Islam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter yang diinternalisasikan dalam pembelajaran Al-Islam di SD Muhammadiyah 1 Malang, sekaligus guna mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Islam di sekolah tersebut. Penelitian dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah sebagai berikut: Apa nilai karakter yang diinternalisasikan kepada peserta didik dalam pembelajaran al-Islam di SD Muhammadiyah 1 Malang? Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran al-Islam di SD Muhammadiyah 1 Malnag? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan medel data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran al-Islam di SD Muhammadiyah1 Malang dapat ditemukan enam nilai karakter yang dibentuk yaitu: nilai karakter tanggung jawab, jujur, kerja keras, mandiri, relegius dan disiplin. Keenam Nilai karakter tersebut di atas dapat diimplementasikan sebagai berikut: tanggung jawab diimplementasikan di SD Muhammadiyah 1 Malang dalam bentuk pelaksanaan piket kelas dan tugas mandiri (PR) yang wajib dilaksanakan oleh seluruh siswa, sedangkan nilai karakter disiplin diimplementasikan dalam bentuk keikutsertakan dalam seluruh tata tertib yang ditentukan oleh sekolah. Nilai karakter berikutnya yang diterapkan pada siswa kelas 5A ialah jujur. Penerapannya ialah sekolah menyediakan fasilitas tempat bagi temuan barang hilang, serta pembiasaan pada siswa untuk mengerjakan ulangan secara mandiri meskipun tanpa adanya pengawas. Implementasi berikutnya ialah tentang nilai karakter religius yang diimplementasikan dalam bentuk pembiasaan aktifitas berdoa bagi siswa sebelum maupun sesudah melakukan aktifitas belajar, pembiasaan shalat Dhuha dan mengadakan kegiatan keagamaan yang wajib diikuti siswa. Mengenai implementasi nilai karakter mandiri di SD Muhammadiyah 1 Malang, diimplementasikan dalam bentuk pengerjaan tugas-tugas mandiri yang wajib dilakukan oleh siswa seperti PR. Nilai karakter terakhir yang diimplementasikan di SD Muhammadiyah 1 Malang ialah kerja keras. Kerja keras tersebut dilakukan oleh siswa dalam bentuk pencapaian nilai sesuai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Apr 2016 02:12
Last Modified: 13 Apr 2016 02:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26485

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo