UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN SHALAT DHUHA DI TK ABA 02 JETAK NGASRI DAU-KABUPATEN MALANG

MUTHOMIMAH, (2015) PEMBELAJARAN SHALAT DHUHA DI TK ABA 02 JETAK NGASRI DAU-KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muthomimah-38138-2-2.babi.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muthomimah-38138-1-1.penda-n.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

Shalat adalah ibadah yang pertama kali diwajibkan oleh Allah SWT, dimana perintah tersebut disampaikan secara langsung oleh-Nya tanpa perantara malaikat Jibril. Untuk itu shalat harus dikerjakan setiap orang yanag beragama Islam yang mengaku beriman kepada Allah SWT. Oleh karena itu, pembelajaran shalat harus diberikan sejak dini. Oleh karena itu pembelajaran yang diberikan harus menarik minat anak dan menunjukkan aktifitas serta rasa ingin tahu anak secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan Pembelajaran Shalat Dhuha di TK ABA 02 Jetak Ngasri Dau Kabupaten Malang. Selain itu juga ingin mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat serta hasil pelaksanaan pembelajaran shalat Dhuha di lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan informan penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan anak didik TK ABA 02 Dau Kabupaten Malang sebagai lokasi penelitian didasarkan atas alas an di Tk ini telah diterapkan pembelajaran shalat dhuha. Pegumpulan data dilakukan melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analsis datanya mengunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran shalat Dhuha di TK ABA 02 Jetak Ngasri Dau Kabupaten Malang dengan berbagai metode, metode yang dimaksud adalah upaya yang ditempuh untuk dapat tercapainya tujuan yang diharapkan. Metode tersebut bersifat terencana dan dilaksanakan berulang-ulang, bertahap dan berkesinambungan. Untuk pelaksanaannya secara bertahap dari gerakannya secara benar kemudian doÂ’a-doÂ’anya selanjutnya prakteknya. Dan pelaksanaanya setiap hari sebelum pembelajaran dimulai. Faktor pendukung dalam pembelajaran ini meliputi: adanya kerjasama seluruh guru dalam pembiasaan shalat kelompok A dan B, dukungan dari orang tua yang banyak hafalan doÂ’a sehari-hari, hafal bacaan shalat dengan lancar,dan banyaknya hafalan bacaan surat-surat pendeknya.Sedangkan faktor penghambat adalah adanya kemampuan anak yang berbeda sehingga untuk hafalan doÂ’anya sedikit terlambat dibandingkan temannya yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Apr 2016 02:09
Last Modified: 13 Apr 2016 02:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26483

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo